TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Twitter BPBD DKI Diretas, Djarot: Perkuat Pengamanan Situs

Tim cyber internal harus punya kemampuan mumpuni.
Twitter BPBD DKI Diretas, Djarot: Perkuat Pengamanan Situs
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (VIVA.co.id/ Raudhatul Zannah)

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memperkuat keamanan cyber masing-masing. Hal itu agar informasi yang seharusnya diterima masyarakat melalui situs dari SKPD tersebut tidak diubah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Imbauan itu disampaikan Djarot menyusul diretasnya akun Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Akun yang seharusnya menampilkan informasi seputar bencana itu diubah oleh hacker.
"Kalau sistemnya bobol, harusnya diperkuat keamanannya, pengamanan situsnya," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2016.

Kemungkinan menggandeng pihak ketiga untuk keamanan situs pemerintah, Djarot menilai, tim cyber internal dari masing-masing SKPD harus mempunyai kemampuan mumpuni, tanpa bergantung kepada swasta. Dia berharap kejadian ini dijadikan pelajaran bagi tim cyber pemerintah. "Tidak perlu sewa pihak ketiga, harusnya kita sendiri mampu," katanya.

Sebelumnya, akun Twitter resmi milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta @BPBDJakarta diretas sejak Minggu pagi, 2 Oktober 2016. Peretas misterius mengganti gambar latar belakang profil dengan gambar wajah Squidward Tentacles, teman Spongebobs Squarepant di film kartun anak-anak itu.

Akun itu telah pulih kembali, Minggu malam, 2 Oktober 2016, sekitar pukul 21.00 WIB, setelah tim BPBD DKI Jakarta melakukan recovery terhadap akun tersebut. 
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP