Pilkada Jakarta 2017

Agus Yudhoyono 'Kampanye' di CFD, Ahok: Itu Urusan Bawaslu

Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyerahkan penindakan terhadap bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni, yang beraktivitas di car free day (CFD), Minggu, 2 Oktober 2016 ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI.

Ditanya Enakan Jadi Istri Ahok Atau Ibu Rumah Tangga, Jawaban Veronica Tan Bikin Netizen Mikir

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, Pemerintah Provinsi DKI memang menyelenggarakan CFD sebagai acara untuk memperbaiki kualitas udara di kawasan pusat Jakarta. Ajang itu, bukan ditujukan untuk kegiatan politik. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) DKI Nomor 2 Tahun 2005.

Namun, karena kegiatan yang dilakukan Agus-Sylvi memiliki keterkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017, pihak yang tepat menindak adalah Bawaslu DKI.

Masih Sering Dikaitkan dengan Ahok, Veronica Tan Senang?

"Nanti kan ada Bawaslu. Itu urusan Bawaslu," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Senin, 3 Oktober 2016.

Lagipula, menurut Ahok, CFD yang rutin diselenggarakan setiap hari Minggu berformat acara bebas dan terbuka. Pemerintah tak mudah memastikan setiap kegiatan yang dilaksanakan di sana tak melanggar tujuan utama dilaksanakannya CFD.

Alasan Krusial Ahok Dukung Gulirkan Hak Angket: Terlalu Banyak Sumir di Pemilu

"Orang di CFD, mau lari, mau apa kan bebas," ujar Ahok.

Lebih lanjut, Ahok mengatakan, tindakan yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI terhadap pelanggaran-pelanggaran ringan terkait Pilkada adalah melakukan penertiban. Pelanggaran ringan itu misalnya penempelan atribut kampanye yang tidak pada tempatnya dan mengganggu keindahan kota. Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan melakukan pencopotan begitu menerima laporan.

Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI tidak akan menindak terhadap pasangan calon yang melakukan pelanggaran. "Kita enggak bisa (menindak). Kita bukan penyelenggara Pemilu," ujar Ahok.

Pasangan Agus-Sylvi kemarin melakukan beberapa kegiatan di CFD. Agus berlari dan berjalan santai di beberapa titik di Jalan Sudirman dan Thamrin. Sementara Sylvi, mengikuti peringatan Hari Batik Nasional di Sarinah. Orangtua Agus, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya, Ani Yudhoyono, juga bergabung dalam kegiatan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya