TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO
Pilkada Jakarta 2017

Sandiaga Tantang Ahok dan Keluarga Pembuktian Harta Terbalik

Sebelumnya Ahok yang menantang Sandiaga
Sandiaga Tantang Ahok dan Keluarga Pembuktian Harta Terbalik
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. (VIVA.co.id / Mitra Angelia)

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengaku siap untuk melakukan pembuktian terbalik atas harta kekayaan yang dimilikinya. Bahkan Sandiaga mengaku dalam waktu dekat, akan berkunjung ke Ikatan Akuntansi lndonesia terkait pembuktian terbalik itu.

Menurut Sandi, pembuktian terbalik atas kekayaan itu tak lepas dari tantangan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang sempat mempertanyakan kekayaannya.

"Minggu depan saya akan ke ikatan akuntan Indonesia untuk menyambut apa yang diajak oleh Pak Gubernur Basuki, melakukan harta pembuktian terbalik," kata Sandiaga Uno saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu 2 Oktober 2016.

Dalam pelaksanaan pembuktian harta itu, Sandi mengajak Ahok untuk turut serta bersamanya melakukan pembuktian terbalik itu. Bahkan, dia juga mengajak keluarga Ahok untuk turut serta.

"Jadi saya juga mengajak beliau dan keluarganya juga, karena mungkin kan keluarga Pak Basuki yang diuntungkan atas kebijakan Pak Basuki, itu membuka semuanya dan membuktikan hartanya terbalik," ujar Sandi.

Menurut Sandi, ajakannya kepada Ahok adalah untuk memberi contoh pada masyarakat bahwa politikus tak hanya sekadar bicara. Namun juga disertai praktik yang nyata.

"Ini untuk pembelajaran kepada masyarakat, bahwa kalau politis berbicara itu harus jangan hanya berbicara, tapi dibuktikan, dengan tindakan konkret. Menurut saya, brilian sekali Pak Basuki mengajak kita semua seperti ini, kita tunggu bukti konkret ajakan beliau," kata Sandi.

Sebelumnya diberitakan, Ahok enggan disamakan dengan Sandiaga Uno dalam hal kepemilikan harta kekayaan. Menurut Ahok, kondisi ia jelas berbeda bila dibandingkan dengan Sandi, bakal cawagub DKI yang memiliki latar belakang pengusaha sukses.

Sandi, kata dia, memiliki harta berlimpah. Bahkan, namanya sempat muncul dalam dokumen Panama Papers yaitu laporan hasil investigasi sejumlah media terkait kepemilikan harta kekayaan sejumlah figur di negara surga pajak.

Sementara Ahok mengatakan, seluruh harta kekayaannya ada di dalam negeri. Rincian harta kekayaan itu juga tidak pernah dia sembunyikan. Sebagai pejabat negara, Ahok mengaku rutin melaporkan harta kekayaannya dalam bentuk LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lebih lanjut, Ahok mengatakan, karena harta kekayaannya telah dilaporkan maka ia tidak harus mengikuti program pengampunan pajak atau tax amnesty yang sedang digalakkan pemerintah. Selain itu, dia tidak memiliki harta yang disimpan di luar negeri. Ahok menjamin bahwa asal-usul segala hartanya bisa ditelusuri.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP