Waspada, 71 Kelurahan di Jakarta Masih Terdampak Banjir

ilustrasi banjir
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merilis, sebanyak 27,2 persen wilayah atau 71 dari 267 kelurahan di DKI Jakarta masih terdampak bencana banjir hingga 2016.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Kepala BPBD DKI Jakarta, Denny Wahyu mengatakan, sejumlah 14,2 persen di antaranya atau 37 kelurahan merupakan wilayah yang baru mengalami banjir pada tahun ini.

"Sebagian besarnya (genangan baru) terjadi di wilayah Jakarta Selatan," kata Denny dalam diskusi penanggulangan banjir di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 29 September 2016.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

Menurut Denny, salah satu penyebabnya yaitu meningkatnya curah hujan lokal dan di daerah hulu sungai yang melintasi Ibu Kota. Ada fenomena La Nina di mana intensitas curah hujan lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Dia meminta agar masyarakat tetap mewaspadai potensi banjir akibat meningkatnya curah hujan di akhir tahun ini.

Adapun upaya antisipasi dari BPBD, lanjut dia, yaitu memperkuat sistem peringatan dini banjir melalui sistem audio yang dipasang di daerah rawan banjir. Pihaknya juga menyiapkan relawan terlatih dan sumber daya untuk turut serta dalam penanganan banjir.

14 RT dan 15 Ruas Jalan di Jakarta Masih Terendam Banjir

"Kami juga memantau dan menyebarluaskan informasi masyarakat terkait genangan melalui sosial media dan dihimpun menjadi informasi daerah genangan secara realtime melalui petajakarta.org," katanya.

(mus)

Petugas gabungan memasang bronjong mencegah banjir kali hek kramat jati

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

BPBD DKI Jakarta memasang bronjong atau tumpukan batu kali di Hek kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur untuk menangani limpasan air atau banjir di daerah itu.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024