TUTUP
TUTUP
METRO

Waspada, 71 Kelurahan di Jakarta Masih Terdampak Banjir

Sebagian besar genangan terjadi di Jakarta Selatan.
Waspada, 71 Kelurahan di Jakarta Masih Terdampak Banjir
ilustrasi banjir (TMC Polda Metro Jaya)

VIVA.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merilis, sebanyak 27,2 persen wilayah atau 71 dari 267 kelurahan di DKI Jakarta masih terdampak bencana banjir hingga 2016.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Denny Wahyu mengatakan, sejumlah 14,2 persen di antaranya atau 37 kelurahan merupakan wilayah yang baru mengalami banjir pada tahun ini.

"Sebagian besarnya (genangan baru) terjadi di wilayah Jakarta Selatan," kata Denny dalam diskusi penanggulangan banjir di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 29 September 2016.

Menurut Denny, salah satu penyebabnya yaitu meningkatnya curah hujan lokal dan di daerah hulu sungai yang melintasi Ibu Kota. Ada fenomena La Nina di mana intensitas curah hujan lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Dia meminta agar masyarakat tetap mewaspadai potensi banjir akibat meningkatnya curah hujan di akhir tahun ini.

Adapun upaya antisipasi dari BPBD, lanjut dia, yaitu memperkuat sistem peringatan dini banjir melalui sistem audio yang dipasang di daerah rawan banjir. Pihaknya juga menyiapkan relawan terlatih dan sumber daya untuk turut serta dalam penanganan banjir.

"Kami juga memantau dan menyebarluaskan informasi masyarakat terkait genangan melalui sosial media dan dihimpun menjadi informasi daerah genangan secara realtime melalui petajakarta.org," katanya.

(mus)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP