Pilkada Jakarta 2017

Pendapat Anies Soal Penggusuran yang Dilakukan Ahok

Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan angkat bicara mengenai upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penertiban dan penggusuran pemukiman di sejumlah lokasi di Jakarta.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Meski enggan berspekulasi lebih jauh soal kebijakan penertiban pemukiman liar yang digulirkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu. Namun, Anies berpendapat, seharusnya Ahok mengedepankan dialog untuk urusan ini. Sehingga, tak ada yang merasa dirugikan dengan kebijakannya itu.

"Gini, intinya semua hal-hal yang sifatnya penggusuran, penggeseran atau relokasi harus dilakukan dengan dialog, sehingga semua pihak bisa menerima," kata Anies di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 29 September 2016.

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

Anies tak mau menilai salah atau tidak kebijakan Ahok itu. Namun, Dia meyakini, jika hal itu menjadi masalah, ada jalur hukum yang bisa ditempuh pihak tergusur. "Kita lihat saja nanti," kata Anies.

Anies datang ke KPK untuk menemani pasangannya bakal Cawagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno, yang melaporkan harta kekayaan sebagai syarat pencalonan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Pangeran MBS Bangun Resor Mewah NEOM di Atas 'Darah' Warga Saudi

Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir Pemprov DKI Jakarta telah melakukan penertiban dan penggusuran di sejumlah tempat. Seperti di Kalijodo, Jakarta Utara, Kampung Pulo di Jakarta Timur, dan teranyar di Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

KPU selaku pihak termohon menolak pernyataan pemohon.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024