Pemerintah Akui Tak Rawat Jembatan di Jakarta

Pemerintah soroti masalah jembatan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Arie Setiadi Moerwanto, berjanji mengevaluasi kelayakan seluruh jembatan penyeberangan orang (JPO). Ini baru dilakukan pasca kejadian robohnya jembatan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dishub DKI Bongkar Reklame Ilegal di Jembatan Penyeberangan

"Terkait dengan kejadian yang baru terjadi, kita tidak saling menyalahkan. Tapi kami akan mengevaluasi bagaimana keamanan JPO-JPO yang ada saat ini. Karena ini kesalahan kita maka semua ke depannya akan kita perbaiki," kata Arie di kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu 28 September 2016.

Arie menekankan pentingnya aspek pemeliharaan JPO karena BMKG telah memberikan peringatan kepadanya mengenai kondisi cuaca yang cukup ekstrem akhir-akhir ini.

Besok, Penyelidikan Jembatan Pasar Minggu Roboh Dievaluasi

"Pemeliharaan merupakan aspek penting karena kami sudah mendapat warning dari BMKG bahwa sekarang ini intensitas angin dan curah hujan makin tinggi," ujarnya.

Ketika ditanya apakah sebenarnya pemasangan reklame iklan diperbolehkan di JPO-JPO tersebut, Arie mengaku jika hal tersebut memang diizinkan. Namun, penentuan ini harus dilakukan sejak awal, saat JPO tersebut didesain dan dirancang sebelum pembangunannya.

Jembatan Roboh Pasar Minggu, Enam Orang Diperiksa Polisi

“Pemasangan reklame tidak di, tapi harus didesain sejak awal. Yang banyak itu kan di lokasi yang strategis tapi (reklame iklannya) ditempel di bagian non-struktur dari jembatan tersebut. Jadi harus didesain sejak awal dan harus dipasang dengan benar," ujarnya.

Dia menjelaskan, kedepan, pemiliharaan jembatan akan dimaksimalkan. “Tapi saya akui memang ini kekurangan pihak kita, dan sekarang kita melihat ke depan untuk memperbaiki hal tersebut," kata Arie.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

Ahok Minta Jemaat Gereja Pasar Minggu Ibadah di Kecamatan

Pemkot Jakarta Selatan salah menerbitkan IMB.

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2016