Alat Berat Bergerak Gusur Bukit Duri

Foto aerial permukiman warga di pinggir Kali Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Penggusuran terhadap pemukiman di Kelurahan Bukit Duri sebagai bagian dari program normalisasi Kali Ciliwung, mulai dilakukan. Ratusan aparat gabungan pun langsung bersiaga saat beragam alat berat dan Satuan Polisi Pamong Praja mulai bergerak untuk menghancurkan sejumlah bangunan yang masih berdiri.

Pangkal Masalah Kampung Susun Bayam Belum Bisa Dihuni Warga Gusuran JIS

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, sejumlah alat berat berupa ekskavator tampak mulai memasuki Jalan Bukit Duri Utara, menuju pemukiman warga di RW 12, Bukit Duri.

Tangan raksasa ekskavator tanpa hambatan berarti, langsung meruntuhkan beton kokoh yang selama ini menjadi rumah warga, dan tempat berlindung mereka.

Anies Resmikan Pembangunan Kampung Susun untuk Warga Bukit Duri

Sementara sejumlah warga tak bisa berbuat banyak, tatkala kendaraan baja itu terus bergerak, merangsek masuk semakin dalam dan meratakan semua yang dilewatinya. 

Warga yang menolak pun tak memblokade atau menghalangi alat berat tersebut. Mereka hanya bisa menggelar unjuk rasa dan menyampaikan aspirasinya di lokasi.

Geger, Sesosok Mayat Ditemukan Mengambang di Kali Ciliwung

Menurut warga yang menolak, mereka meminta penggusuran menunggu hasil putusan gugatan masyarakat atau class action, yang sedang berjalan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pemprov DKI dan personel gabungan menyusuri bantaran Kali Ciliwung.

Jasad Pria Hanyut di Kali Ciliwung Buat Geger Bocah Lagi Main Burung

Jasad pria tanpa identitas hanyut di aliran kali Ciliwung Jalan Inspeksi, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, membuat geger warga setempat.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024