TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Aparat Bersiap Gusur Bukit Duri

Petugas polisi, Satpol PP, dan dua alat berat telah siaga
Aparat Bersiap Gusur Bukit Duri
Foto aerial permukiman warga di pinggir Kali Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta, Minggu (18/9/2016). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Selatan hari ini akan menggusur sekitar 400 bangunan di empat RW di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, yang berada pada bantaran Kali Ciliwung. Di lokasi, terlihat sejumlah petugas kepolisian dari Polres Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya sudah bersiaga menjaga daerah ini.

Selain itu, juga ratusan aparat Satuan Polisi Pamong Praja, yang bersiap membongkar bangunan yang masih kokoh berdiri. Sebab, tercatat 44 KK menolak penggusuran ini, dan sedang menunggu proses gugatan atau class action di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat selesai.

Sementara sebagian lainnya, sudah membongkar rumah mereka secara swadaya. Mereka adalah bagian dari 363 KK yang telah setuju direlokasi ke Rusun Rawa Bebek.

Selain petugas, aparat juga menurunkan dua alat berat untuk meruntuhkan sisa bangunan yang masih berdiri.

Pelaksanaan penggusuran ini dilakukan setelah surat peringatan ketiga dilayangkan pada warga yang masih bertahan pada 20 September 2016.

Di lokasi, saat ini proses penggusuran belum dilaksanakan, dan lokasi masih terlihat sepi. Warga yang menolak penggusuran juga belum terlihat berkumpul.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebut penggusuran ini perlu dilakukan untuk membuat kawasan itu layak huni. Selain itu, normalisasi Kali Ciliwung, karena kawasan ini menjadi daerah banjir.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP