Percepat Perekaman E-KTP, Pemprov DKI Jemput Bola

Proses perekaman KTP elektronik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta agar petugas Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) untuk jemput bola turun ke kelurahan. Hal itu untuk mempercepat pencatatan data penduduk yang belum merekam Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Yang penting blankonya, blanko KTP-nya, di situ direkam langsung keluar e-KTP-nya," kata Djarot, usai Rapat Kerja Evaluasi Pemerintah Daerah di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, 26 September 2016.

Saat ini, menurut Djarot, masih ada 165 ribu orang usia wajib KTP yang belum melakukan perekaman e-KTP. Djarot meminta agar Dukcapil mampu menuntaskan perekaman pada Desember mendatang atau menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017.  

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Tadi sudah disampaikan untuk Pilkada, untuk DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) kita terbaik, kami usahakan semuanya berbasiskan e-KTP makanya kami kejar betul," katanya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam rapat kerja evaluasi kepala daerah seluruh Indonesia meminta agar kepala daerah berperan mempercepat perekaman e-KTP. Hal itu dilakukan sebelum digelarnya Pilkada serentak pada Februari 2017.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Perekaman dengan e-KTP diharapkan dapat menekan kecurangan di pilkada, terutama penggelembungan suara dengan menggunakan surat keterangan pengganti e-KTP. (ase)

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023