Pilkada DKI Jakarta

Anies Baswedan Terima Pinangan Gerindra Dianggap Kejutan

Anies Baswedan.
Sumber :
  • Dokumen Anies Baswedan

VIVA.co.id – Anies Rasyid Baswedan muncul sebagai bakal calon Gubernur DKI saat menjelang masa akhir pendaftaran ke KPUD pada Jumat kemarin. Majunya Anies ke Pilkada DKI Jakarta dinilai kalangan pengamat tidak mengejutkan.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Hal tersebut lantaran keinginan Anies berkecimpung di dunia politik sudah terlihat saat dia mendaftar menjadi salah satu kandidat calon Presiden dalam konvensi Partai Demokrat.

"Kalau Anies tidak heran calon Gubernur, capres saja pernah. Anies itu capres konvensi Partai Demokrat," kata Direktur Eksekutif IndoBarometer, Muhammad Qodari, dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 September 2016.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Langkah Anies justru mengherankan lantaran memilih partai Gerindra sebagai kendaraan politiknya ke Pilkada DKI. Ini mengingat Gerindra merupakan lawan politik Presiden Joko Widodo saat Pemilihan Presiden tahun 2014 lalu.

Sedangkan di Pilpres lalu, Anies merupakan pendukung setia Jokowi. "Anies juga juru bicara Jokowi-JK," kata Qodari.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Secara terpisah, Politikus Gerindra, Syarif, menampik anggapan Anies diibaratkan masuk di tikungan terakhir, lantaran namanya muncul pada saat-saat terakhir. Menurut dia, Anies adalah seorang tokoh yang sudah lama dikenal. "Jalannya berliku sehingga kesannya begitu," ujar dia.

(ren)

Foto Presiden Jokowi tidak dipajang di kantor DPD PDIP Sumut

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

PDIP menegaskan tidak ada muatan politis dibalik raibnya foto Jokowi di ruang aula Bung Karno DPD PDIP Sumut. Ia berdalih foto Jokowi 'menghilang' karena terjatuh

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024