TUTUP
TUTUP
METRO
Pilkada DKI Jakarta

Ahok, Agus, Anies dan Wakil-wakil Mereka Dicek 80 Dokter

Pemeriksaan jasmani dari ujung rambut sampai ujung kaki.
Ahok, Agus, Anies dan Wakil-wakil Mereka Dicek 80 Dokter
Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono (berkemeja batik), di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Mintohardjo di Jakarta pada Sabtu pagi, 24 September 2016. (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Tiga pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan maju ke Pilkada DKI Jakarta 2017 hari ini menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Jakarta Pusat. Sebanyak 80 dokter disiapkan untuk memeriksa kesehatan para calon.

Ketua Ikatan Dokter (IDI) DKI Jakarta sekaligus Penanggung Jawab Pemeriksaan Kesehatan bakal Cagub dan bakal Cawagub, Budiarto, mengatakan masing-masing dokter itu akan bertanggung jawab terhadap pemeriksaan fisik dan psikologi para calon.

"Pemeriksaan jasmani dari ujung rambut sampai ujung kaki," kata Budiarto di RSAL Mintohardjo, Sabtu 24 September 2016.

Adapun materi pemeriksaan kesehatan, lanjutnya, meliputi penyakit dalam dan psikiatri, jantung dan paru-paru, urologi dan orthopedic, bedah dan obsgyn, neurologi dan mata, THT dan gigi, radiologi dan laborat serta napza dan psikologi.

"Kita tidak mencari yang sakit atau tidak. Kalau ada calon yang sakit mungkin bisa diobati. Nanti hak prerogratif dokter bagaimana hasilnya. Jika hasilnya tidak mengganggu selama kinerja lima tahun ya bisa," kata dia.

 

Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat, sebelum menjalani tes kesehatan di RSAL Dr Mintohardjo Jakarta pada Sabtu pagi, 24 Agustus 2016.

Terkait penyakit yang dapat menggugurkan para calon, menurutnya, akan ditentukan melalui rapat dokter setelah pemeriksaan kesehatan selesai.

"Kita rapatkan. Bisa jasmani bisa gangguan jiwa," kata Budiarto.

Hasil tes kesehatan hari ini dapat langsung disimpulkan pada malam nanti. Kemudian akan direkap dengan hasil pemeriksaan di Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Minggu 25 September 2016 besok.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP