Patologi dari Australia Akui Baru Temui Kasus Kopi Sianida

Jessica Kumala Wongso dan Otto Hasibuan di ruang sidang PN Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Ahli patologi forensik dari Australia, Richard Byron Collins mengaku sudah menangani sebanyak 30 kasus yang berhubungan dengan racun sianida.

Otto Hasibuan Bakal Lapor Bareskrim soal Dugaan CCTV Kasus Jessica Wongso Dihilangkan

"Pernah mengerjakan 30 kasus di mana sianida memainkan peran. Karena dihirup dan lima kasus sianida masuk mulut," ujarnya dalam persidangan, Kamis, 22 September 2016.

Namun, dia mengaku belum pernah menangani kasus keracunan sianida yang disebut ada dalam kopi. Kasus kematian Wayan Mirna Salihin disebut-sebut karena adanya racun sianida dalam es kopi Vietnam yang ditenggak Mirna.

Otto Hasibuan Mau Ajukan PK Kasus Jessica Wongso, Ini Pesan Edi Darmawan

"Belum pernah. Tidak, ini (keterangan) didasarkan kematian oleh sianida. Juga penelaahan literatur. Kasus yang dibahas di sini kasus yang sangat spesifik. Saya memang belum punya kasus seperti ini, tapi kasus yang disebabkan oleh sianida pada dasarnya sama," dia menambahkan.

Richard mengaku, selama ini ia juga telah melakukan ribuan kali autopsi pada jasad seseorang. "Saya sudah lakukan 11 ribu pemeriksaan (autopsi)," ujar Richard.

Minta Maaf ke Otto Hasibuan, Edi Darmawan: Saya Malu

Sebagai informasi, Richard merupakan saksi ahli yang dihadirkan pihak terdakwa, Jessica Kumala Wongso di persidangan kematian Mirna yang ke-24 ini. (ase)

Pengacara Otto Hasibuan

Otto Hasibuan Bakal Daftarkan PK Jessica Wongso Tahun Depan

Pengacara Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan menyebutkan kalau saat ini tengah mengumpulkan sejumlah bukti baru dalam pembunuhan Mirna.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2023