Ahli: Korosif di Lambung Mirna Disebabkan Gastritis Erosif

Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Ahli patologi forensik dari Australia, Richard Byron Collins menduga ada faktor lain yang memicu dampak korosif di lambung Wayan Mirna Salihin.

Otto Hasibuan Bakal Daftarkan PK Jessica Wongso Tahun Depan

Dampak korosif yang ada dalam tubuh mendiang Mirna disebut berasal dari efek sianida. Namun, Richard mengatakan bahwa gastritis erotif adalah pemicu dampak korosif itu.

"Gastritis erosif adalah lapisan permukaan internal lambung sebagian sudah tidak adanya akibat asam hidroklorida. Selain itu korosif bisa diakibatkan karena proses alami kematian,” ujarnya dalam persidangan, Kamis, 22 September 2016.

Otto Hasibuan Bakal Lapor Bareskrim soal Dugaan CCTV Kasus Jessica Wongso Dihilangkan

Richard memastikan tidak ada racun sianida pada es kopi Vietnam yang ditenggak Mirna di Kafe Olivier pada 6 Januari 2016 lalu.

“Kalau sampel tersebut nyata-nyata tidak ada sianida, maka korosif disebabkan karena korban menderita gastritris erosif,” ucapnya.

Otto Hasibuan Mau Ajukan PK Kasus Jessica Wongso, Ini Pesan Edi Darmawan

Ia juga menambahkan kalau korosif tidak terjadi karena luka setelah kematian seseorang. “Yang dapat dijelaskan bahwa korosif bukanlah sebagai respons karena cedera setelah kematian,” kata Richard.

Sebagai informasi, Richard merupakan saksi ahli yang dihadirka pihak Jessica Kumala Wongso di sidang ke-24 ini.

Sebelumnya, persidangan hari ini menghadirkan saksi lain yakni ahli hukum pidana dari Universitas Brawijaya, Prof Masruchin Ruba'i. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya