TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Kapolda Metro Mau Hukum Polisi yang Lamban Tanggapi Laporan

Dengan aplikasi baru SIAP-PMJ, polisi tak bisa lagi asal bekerja.
Kapolda Metro Mau Hukum Polisi yang Lamban Tanggapi Laporan
Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto meninjau aplikasi SIAP-PMJ (VIVA.co.id/ Bayu Nugraha)

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto, mengingatkan para anggota Polda Metro agar kini cepat menanggapi laporan masyarakat yang masuk lewat Sistem Informasi Aplikasi Pelaporan-Polda Metro Jaya (SIAP-PMJ). Ini adalah aplikasi ponsel pintar berbasis Android yang bisa diunduh lewat Google Playstore.

Anggota Polda Metro Jaya yang mengabaikan laporan masyarakat – termasuk lewat aplikasi itu – akan menerima hukuman. Sebaliknya, jika anggota cepat menanggapi laporan masyarakat akan mendapatkan penghargaan.

"Kepada mereka yang datang ke TKP (tempat kejadian perkara) cepat nanti kami beli poin dengan nilai. Nanti berapa nilainya terakumulasi dan kami akan atur kemudian. Sebaliknya kalau dia tidak melakukan itu akan ada punishment," katanya.

Dengan adanya aplikasi SIAP-PMJ, kata dia, setiap anggota Polda Metro Jaya harus mengubah perilaku dan pola pikir sehingga bekerja tidak asal-asalan.

"Sekarang tidak bisa lagi dia kerja asal-asalan, tentu mengembangkan profesionalismenya sehingga dia cepat datang manakala terjadi pengaduan atau laporan dari masyarakat," ujarnya.

Aplikasi SIAP-PMJ merupakan inovasi Polda Metro Jaya dalam merespons aduan masyarakat. Aplikasi ini nantinya akan terkoneksi dengan handphone pelapor dan diteruskan ke Polda, Polres ataupun Polsek.

Anggaran pembuatan aplikasi SIAP-PMJ didapat dari dana Corporate Social Responsibility (CSR). "Kami kerja sama makanya rekan-rakan Transcorp membantu kami kerja sama untuk mendukung aplikasi ini," ujarnya.
 
Bantuan diberikan hibah barang. Adapun Polda Metro mengeluarkan dana Rp195 juta untuk membangun aplikasi ini.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP