TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
METRO

Kosmetik Rp30 Ribu-an di Pasar Asemka Mengandung Merkuri

Tujuh gudang penyimpanan kosmetik digeledah aparat berwenang.
Kosmetik Rp30 Ribu-an di Pasar Asemka Mengandung Merkuri
Penggeledahan kosmetik ilegal di Pasar Asemka. (VIVA.co.id / Bimo Aria)

VIVA.co.id – Tim gabungan dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) – bersama Dinas Kesehatan, Reskrimsus Polda, Korwas Bareskrim dan Kementerian Pedagangan – menggeledah tujuh gudang toko penyimpanan kosmetik ilegal di Pasar Asemka, Jakarta Barat, Selasa, 20 September 2016.

Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Dewi Prawitasari, mengatakan gudang tersebut berada di beberapa lantai. "Ada tujuh gudang yang kami periksa, enam berada dilantai 3 dan  satu gudang berada dilantai 2," kata Dewi di lokasi.

Dewi mengatakan, ketujuh gudang ini dimiliki oleh seorang berinisial HH, yang berusia sekitar 33 tahun dan mengaku sudah lima tahun menyetok kosmetik ilegal.

"Ngakunya lima tahun, tapi saya tidak percaya. Kita kan sama tahu di sini banyak pusat grosir, ini diperiksa palsu. Kita selediki dan tanam orang di sini, siapa sih yang punya di sini," katanya.

Pada saat penggeledahan yang dilakukan pada pukul 11.00 WIB, HH juga sangat kooperatif dan menunjukan satu persatu gudang miliknya. Selanjutnya HH juga akan segera dilimpahkan ke polisi.

Dewi juga menjelaskan, kosmetik yang dijual dengan kisaran harga Rp30 ribuan ini banyak diimpor dari negara luar seperti Tiongkok, Taiwan, Korea, dan juga India. Menurutnya, kosmetik ini dianggap ilegal karena tidak memiliki izin edar dari BPOM. Selain itu kosmetik ini juga mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri dan hidrokinon.

Di samping itu Dewi juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan kosmetik. "Itulah makanya masyarakat harus hati-hati jangan gunakan begitu saja," ucap dia.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP