TUTUP
TUTUP
METRO

KPU DKI Belum Bisa Pastikan DPT Pilkada 2017

Pada pilkada 2012, total pemilik suara di Jakarta sebanyak 7.096.168.
KPU DKI Belum Bisa Pastikan DPT Pilkada 2017
Ketua KPUD DKI, Sumarno (VIVA.co.id / Anwar Sadat)

VIVA.co.id – Ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno optimistis, proses tahapan dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi DKI Jakarta akan berjalan lancar. Persiapan untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak jilid II pada Februari mendatang, termasuk persiapan pemutakhiran data pemilih juga sedang berjalan.

"Sosialisasi juga sudah berjalan. Karena semua tahapan dilakukan secara simultan. Karena tahapannya tidak bisa yang satu jalan, kemudian yang lainnya menunggu. Jadi semuanya berjalan secara simultan," ujarnya di Kantor KPUD DKI Jakarta, Selasa, 20 September 2016.

Terkait dengan pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPUD DKI Jakarta masih terus berkordinasi dengan pihak-pihak terkait guna mematangkan data tersebut. Ketika dikonfirmasi apakah sejauh ini sudah ada kepastian terkait jumlah DPT pada Pilgub nanti, ia berdalih pihaknya masih melakukan pendataan menyeluruh, sehingga ia belum bisa memastikan jumlah DPT Pilgub DKI Jakarta 2017 nanti.

"Masa pemutakhiran itu kan satu bulan, dan baru berjalan sekitar satu mingguan. Jadi nanti berakhir tanggal 7 Oktober, baru nanti kita akan tahu apakah akan ada penambahan pemilih yang signifikan atau ada pengurangan dibandingkan dengan Pemilukada 2012 lalu," ujarnya menambahkan.

Jika merujuk pada daftar DPT Pilkada 2012, total pemilik suara di Jakarta tercatat sebanyak 7.096.168. Ditegaskan Sumarno jumlah DPT kali ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah antara 7.4 juta hingga 7.6 juta pemilih.

"Tapi ini masih estimasi ya. Pastinya nanti kita tunggu 7 Oktober.”

(mus)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP