Cerita Ahok Soal Perbedaan Lambang Garuda dan Elang AS

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku sempat berbicara perihal perbedaan lambang negara Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) saat diundang ke sebuah pertemuan di negeri Paman Sam itu pada tahun 2008 lalu.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Perbincangan terkait perbedaan lambang itu, kata dia dilakukan salah seorang senator Amerika. Ahok mengatakan, Amerika Serikat punya burung elang sebagai lambang negara, maka Indonesia memiliki burung garuda sebagai lambang negaranya.

Lambang burung Amerika Serikat dan Indonesia, sama-sama menghadap ke arah kanan, dan keduanya juga mengandung unsur pita yang tertera semboyan masing-masing negara.

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

"Sepintas mirip tapi punya perbedaan. Tertulis bahasa Latin E Pluribus Unum yang artinya mirip-mirip seperti Bhinneka Tunggal Ika," ucap Ahok di Balai Kota DKI, Sabtu, 17 September 2016.

Perbedaan, lanjutnya, terletak pada pita di lambang Amerika Serikat yang digigit di paruh elang. Sedangkan pita Bhinneka Tunggal Ika dicengkeram cakar burung garuda.

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

"Saya bilang ke senator kalau elang itu makan, maka pita itu akan dilepas sehingga menunjukkan karakter bangsa Amerika yang pragmatis. Kalau bangsa kami, Bhinneka Tunggal Ika begitu penting sehingga jadi pegangan burung garuda dicengkeram erat di cakar. Bayangin kalau Garuda kita enggak pegangan, kan kata anak muda kalau bingung pegangan. Makanya itu selalu jadi pegangan (Bhinneka Tunggal Ika)," ujar Ahok.

VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024