Forum RT RW Demonstrasi, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Suasana di depan Gedung DPRD DKI Jakarta.
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Aksi damai akan dilakukan forum RT/RW se-DKI Jakarta pada Jumat, 16 September 2016. Aksi itu, yang diperkirakan akan diikuti hingga empat ribu orang, akan melakukan pawai atau long march dari Patung Kuda ke Gedung Balai Kota dan DPRD DKI Jakarta.

Mirip Topi Penyihir, Ini Sejarah dan Fungsi Utama Traffic Cone

Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, mengatakan aksi yang dimulai pada pukul 14.00 WIB tersebut bisa berdampak pada masalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) di Balai Kota, DPRD DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Sehingga perlu pengaturan lalu lintas dalam bentuk rekayasa terbatas (alih arus ) dan sifatnya sangat situasional," kata Budiyanto dalam keterangannya, Jumat 16 September 2016.

Cara Aman untuk Pesepeda dan Pengendara Kendaraan Bermotor di Jalanan

Jika massa berada di Balai Kota, maka untuk pengalihan arus lalu lintas dari Tugu Tani ke Merdeka Selatan tepat di depan Kedubes AS, kendaraan akan dialihkan ke Monas Timur-Merdeka Timur-Jalan Perwira-Lapangan Banteng-Pasar Baru dan seterusnya.

"Atau melalui Merdeka Timur-Jalan Merdeka Utara-Jalan Majapahit-Harmoni dan seterusnya," ucapnya.

Keluar Jalur Khusus, Pesepeda di Jakarta akan Didenda Rp100 Ribu

Kemudian, arus lalu lintas dari Merdeka Barat ke Merdeka Selatan akan diluruskan ke Jalan MH Thamrin dan seterusnya.

"Lalu arus dari Budi Kemuliaan ke Merdeka Selatan dialihkan ke Merdeka Barat atau dibelokkan ke kanan ke Jalan MH Thamrin dan seterusnya," ujarnya.

Selanjutnya, jika massa berada di Gedung DPRD dan lalu lintas terganggu maka arus kendaraan dari Merdeka Selatan ke Kebon Sirih akan diluruskan ke Jalan MH Thamrin dan seterusnya.

Untuk arus lalu lintas dari Sabang atau Jalan Agus Salim ke Kebon Sirih dibelokkan ke kiri ke Jalan MH Thamrin dan seterusnya. 

"Semua alih arus bersifat sangat situasional," ujar dia lagi.

(ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya