Aplikasi 'Siaga Reserse' Jadi Penilaian Polisi

Aplikasi Siaga Reserse
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Aplikasi 'Siaga Reserse' segera diluncurkan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Aplikasi ini bertujuan untuk merespons aduan masyarakat melalui smartphone. Nantinya aplikasi yang dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir September itu bisa diunduh pengguna smartphone Android di Play Store.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Selain digunakan untuk pengaduan masyarakat akan tindak kejahatan, aplikasi ini juga digunakan sebagai penilaian kinerja anggota Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

"Ini aplikasi serius. Saya akan pasang di handphone saya untuk memantau laporan masyarakat. Saya bisa tahu anggota dekat dengan TKP. Ini akan menjadi penilaian saya jika ada anggota yang menghiraukan laporan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rudy Heriyanto Adi Nugroho, saat soft launching aplikasi 'Siaga Reserse' di Polda Metro Jaya, Rabu 14 September 2016.

Farhat Abbas Diperiksa Polisi Pekan Ini soal Laporan Penistaan Agama ke Pendeta Gilbert

Rudy menuturkan, aplikasi ini merupakan bagian kecil dari aplikasi yang akan disiapkan yakni 'Siap Polda Metro Jaya'.

"Ini akan terkoneksi kring reserse dan aplikasi siap PMJ, dan ini adalah bagian kecil aplikasi," katanya.

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Ia pun mengakui, masih banyak kekurangan dari anggota reserse terkait laporan masyarakat. Dia menyebutkan, kinerja kepolisian tidak pernah ada habisnya.

"24 jam mungkin masih kurang. Reserse lebih banyak tidak tidurnya dibanding tidurnya. Walaupun masih banyak keluhan dari reserse dan kami akan tetap usaha," ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Hendy F Kurniawan, mengatakan, hadirnya aplikasi ini juga dari hadirnya masyarakat saat ini yang melaporkan kejadian melalui media sosial.

"Contoh kejadian dugaan pencabulan di mobil beberapa waktu lalu. Ada masyarakat melaporkan ke media sosial dan anggota kami merespons sebelum orangtua melaporkan. Ini sebagai bentuk pencegahan dari kami," katanya.

Dia pun berharap dengan adanya aplikasi ini setiap laporan masyarakat akan ditindaklanjuti dalam hitungan menit.

"Nanti kami akan melihat laporannya. Kalau misalnya masih bisa ditangani Polsek ya turun tangan Polsek, tapi tetap diawasi oleh Polda Metro," ucapnya.

Kepolisian Daerah Metro Jaya melakukan inovasi terkait laporan masyarakat akan aduan tindak pidana kejahatan. Aplikasi yang diberi nama 'Siaga Reserse' ini diharapkan dapat merespons laporan masyarakat dalam waktu beberapa menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya