Punya Peta Asli Ciliwung, Ahok Segera Gusur Bukit Duri

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • Fajar GM

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI memiliki sebuah peta yang menunjukkan kondisi geografis asli Sungai Ciliwung. Dalam peta itu, tidak ada lokasi permukiman liar di wilayah Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Jasad Pria Hanyut di Kali Ciliwung Buat Geger Bocah Lagi Main Burung

Ahok, sapaan akrab Basuki mengatakan, peta menunjukkan lebar Sungai Ciliwung adalah 60 meter. "Ada peta dasarnya kok (kawasan Bukit Duri)," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Rabu, 14 September 2016.

Menurut Ahok, kondisi di peta berbeda jauh dengan kondisi di lapangan. Saat ini, Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri, hanya memiliki lebar 10 meter.

Anies Resmikan Pembangunan Kampung Susun untuk Warga Bukit Duri

Dengan adanya peta itu, Ahok menyatakan keyakinan gugatan perwakilan kelompok (class action) yang dilayangkan warga Bukit Duri di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat tidak akan berbuah hasil yang diharapkan warga.

Peta menunjukkan Sungai Ciliwung memiliki lebar yang lebih besar, tanpa keberadaan tanah yang diuruk yang di atasnya didirikan hunian liar.

Geger, Sesosok Mayat Ditemukan Mengambang di Kali Ciliwung

"(Lebar asli) sungai 60 meter, sekarang tinggal 10 meter. Lu (warga) gimana mau jelasin?" ujar Ahok.

Seperti diketahui, warga Bukit Duri melayangkan gugatan terkait upaya penggusuran dan penertiban kawasan itu yang akan dilakukan Pemprov DKI. Penertiban akan dilakukan agar proyek normalisasi Sungai Ciliwung untuk mencegah bencana banjir bisa dilakukan dengan cepat.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya