Banyak Jemaah dari Luar Daerah Salat Idul Adha di Istiqlal

Warga berbondong untuk menghadiri salat Idul Adha di masjid Istiqlal, Jakarta.
Sumber :
  • Viva.co.id/Jefri Yanto

VIVA.co.id – Salat Idul Adha 1437 di Masjid Istiqlal Senin, 12 September 2016, dipimpin oleh Ketua Komisi Dakwah MUI Cholil Nafis. Ia bertindak sebagai Khatib dan Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal Syarifudin Muhammad sebagai imam.

Pengakuan Juru Parkir Liar Istiqlal yang Patok Harga Rp150 Ribu

Menurut pantauan VIVA.co.id, antusias umat Islam untuk melaksanakan ibadah salat Idul Adha di masjid Istiqlal sudah terlihat sejak pukul 05.30 WIB. Ribuan umat Islam datang dari penjuru Indonesia, berbondong-bondong datang memenuhi area masjid.

Irsan yang datang jauh-jauh dari Timika Papua bersama sanak saudaranya mengatakan, baru tahun ini salat disini. Menurutnya, ini kesempatan besar, karena pas dengan libur kantor.

Terkuak, Juru Parkir Liar Istiqlal yang Getok Tarif Rp150 Ribu Kerja Shift-Shiftan

"Dari dulu saya ingin sekali salat di sini. Ini lagi ada kesempatan karena dikasih libur dari kantor. Jadi saya langsung terbang ke sini bersama saudara. Saya memang tinggal di Jakarta," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di pintu Al Qudus, Masjid Istiqlal, Senin 12 September 2016.

Edo asli Jawa Timur yang sudah lama menetap di Gajah Mada mengatakan, sudah tiga tahun salat di sini. Menurutnya meskipun di dekat rumah tersedia Masjid, dirinya lebih memilih masjid Istiqlal untuk menunaikan salat Idul Adha.

2 Jukir Liar yang Getok Parkir Rp150 Ribu di Masjid Istiqlal Jadi Tersangka

"Enak aja kalau salat di sini selain masjidnya besar dan lebih ramai. Intinya sih suasananya lebih dapat saja," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di luar Masjid Istiqlal.

Sementara itu, hewan kurban tercatat ada 25 ekor sapi dan 12 ekor kambing yang sudah diterima panitia kurban. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya merupakan sumbangan dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sedangkan kantong kurban yang sudah terdaftar berjumlah 15 ribu.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya