Libur Idul Adha, Penumpang dari Stasiun Senen Naik 2 Persen

Suasana mudik di Stasiun Senen
Sumber :
  • Ade Alfath/VIVA

VIVA.co.id – Memasuki libur panjang Hari Idul Adha 2016, Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat dipadati ribuan penumpang. Sebanyak 17.500 penumpang akan diberangkatkan pada Minggu 11 September 2016.

Dewa 19 Ambassador Pariwisata Lombok, Aparat Bersenjata Dampingi Remaja Bakar Sekolah

Kepala Stasiun Pasar Senen, Dedi Kristanto mengatakan jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada libur Hari Idul Adha 2016 naik sekitar dua persen dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun ini naik sekitar dua persen dibanding libur Idul Adha 2015. Persisnya sekitar 1.400 penumpang," kata Dedi saat ditemui VIVA.co.id di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu 11 September 2016.

Libur panjang Idul Adha, Objek Wisata Cikao Park Diserbu Pengunjung

Ia mengatakan, kenaikan jumlah penumpang tahun ini terjadi adanya libur Idul Adha dan libur akhir pekan, sehingga kepadatan di Stasiun Pasar Senen pun tak bisa dihindari. Terbukti, tiket kereta api ludes terjual tiga bulan sebelum libur panjang Idul Adha 2016.

"Ya karena long weekend," ungkap dia.

Geger Pria Sukabumi Jatuh Tergeletak Tewas di Terminal Senen

Dedi mengklaim, pelaksanaan mudik Idul Adha sejauh ini masih aman dan lancar. Sebab, calon pemudik harus memesan tiket jauh hari dari tanggal pemberangkatan. Tiket kereta api dipesan melalui online.

"Jadi calon penumpang sudah buat schedule (jadwal), dia mau berangkat kapan dan pesannya kapan. Kami berkaca dari mudik Idul Fitri kemarin jadi pelaksanaannya saat ini lancar," katanya.

Dedi menegaskan, untuk pemberangkatan hari ini, Stasiun Pasar Senen tak menambah rangkaian kereta tambahan. Pasalnya, tak ada kenaikan jumlah calon penumpang.

Menurut dia, lonjakan jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen terjadi pada Sabtu 10 September kemarin, yakni mencapai 19.600 penumpang.

Khusus untuk kemarin, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah dua kereta tambahan untuk tujuan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta dan Stasiun Gubeng Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya