Jelang Libur Panjang, Lalu Lintas di Kalimalang Masih Normal

Jalur alternatif Kalimalang.
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Libur panjang Idul Adha, masyarakat Ibu Kota kerap memanfaatkannya untuk berlibur ke kampung halaman atau luar kota. Bahkan Kementerian Perhubungan menyebut malam ini akan terjadi peningkatan arus lalu lintas.

Mudik Idul Adha di Luar Prediksi

Beberapa jalur yang ramai dilewati kendaraan mulai menunjukkan adanya peningkatan. Termasuk di jalan raya Kalimalang, Jakarta Timur, yang menjadi akses jalur ke Pantai Utara. Namun, peningkatan ini masih dalam batas normal.

Dari pantauan di Kalimalang, kepadatan yang terjadi masih normal seperti saat beban lalu lintas saat kendaraan pulang kerja. Untuk jalan raya Kalimalang, kemacetan terjadi di depan Masjid As Syakirin, Cipinang, Jakarta Timur. Hal ini karena terjadi penyempitan jalur, yang terjadi akibat pembangunan proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu.

Arus Balik Libur Idul Adha Terpantau Lancar

Menurut Kapolsek Duren Sawit, Komisaris Yudho Huntoro, meski diperkirakan masyarakat yang akan memanfaatkan momen libur panjang ini untuk mudik, namun belum ada peningkatan kepadatan kendaraan yang signifikan.

"Kalau saat ini masih normal. Kemacetan juga masih seperti hari biasa. Belum ada juga kendaraan bawa barang-barang banyak seperti orang mudik, itu belum terlihat," kata Yudho kepada VIVA.co.id Jumat malam, 9 September 2016.

Puncak Arus Balik Diprediksi Selasa 13 September

Yudho mengatakan, meski belum ada peningkatan yang signifikan, pihaknya tetap bersiaga. "Tetap ada petugas kita bersiaga, seperti di Jalan Haji Naman, Pangkalan Jati, dan titik-titik lainnya. Kami tetap melakukan pengaturan arus lalu lintas," ujarnya menambahkan.

Yudho pun mengimbau, agar para pengendara yang ingin berlibur agar menjaga kewapadaan. Selain itu, dia juga berpesan agar para pengendara tidak membawa barang terlalu banyak dan melebihi kapasitas kendaraan saat akan berpergian.

"Jaga keselamatan dan disiplin dalam berkendara agar selamat sampai tujuan," ujarnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya