Pasca Ditutup RS Menteng Mitra Afia Tak Terima Pasien

RS Menteng Mitra Afia, Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Rumah Sakit Menteng Mitra Afia ternyata masih kedatangan pasien, walaupun sudah berhenti beroperasi pasca izinnya dibekukan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sejak Senin lalu, 5 September 2016.

Usai Dapat Peringatan, RS Mitra Afia Menteng Janji Berbenah

Dari pantauan di lapangan, ada sekitar 5 sampai 10 orang yang masih datang ke rumah sakit itu untuk berobat. Mereka yang datang belum tahu kalau fasilitas itu sudah tak lagi menerima pasien.

"Kami sering berobat di sini," ujar Sofyan (40), salah satu calon pasien pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di lokasi, Kamis, 8 September 2016.

Izin Dibekukan, RS Menteng Mitra Afia Sepi

Meski masyarakat datang meminta pelayanan, pihak rumah sakit tidak bisa memberikan layanan pengobatan. Pihak rumah sakit mengaku tak berani melakukan itu. Sebab, jika dilakukan, mereka akan melanggar surat pembekuan itu.

"Jika melayani, rumah sakit melakukan pelanggaran. Kami tidak bisa melayani sekarang," jelas Humas Rumah Sakit Menteng Mitra Afia, dr Reza Aditya.

Mentahkan Dalil AMIN, MK: Gus Miftah Bagi-bagi Uang di Pamekasan Bukan Politik Uang

Reza menegaskan, untuk sementara, pasien yang masih datang untuk mendapatkan pengobatan akan diarahkan ke tiga rumah sakit yang lokasinya ada di dekat rumah sakit itu.

"Diarahkan ke dekat RS MMA, yaitu, RS M. Ridwan Ra'is, RS MH. Thamrin, dan RS PGI Cikini," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menutup RS MMA, Jakarta Pusat. Hal itu, karena ada beberapa prosedur di rumah sakit itu yang tidak sesuai Peraturan Menteri Kesehatan.

"Ada izin yang tidak sesuai, ada juga masalah limbah dan sebagainya," ujar Kepala Dinkes DKI Jakarta, Koesmedi di Balai Kota DKI Jakarta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya