Pemprov DKI Latih Pengurus Masjid Potong Hewan Kurban

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah atau 2016 Masehi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumpulkan pengurus masjid, di Al Azhar Sentra Primer Cakung, Jakarta Timur, Kamis 8 September 2016. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang cara pemotongan hewan.

Komentari Kisruh dengan Ketua RT, Saipul Jamil Sebut Dewi Perssik Korban

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, untuk memotong kurban sebaiknya dilakukan oleh orang yang terlatih. Hal itu agar proses penyembelihan hewan kurban dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hewan yang disembelih pun akan lebih dimuliakan sehingga hewan tidak merasa tersiksa.

"Kami siapkan yang sudah dilatih namanya juleha (juru sembelih halal). Kami juga siapkan tenaga yang akan diturunkan ke tempat penampungan hewan maupun saat pelaksanaan kurban," kata Djarot, saat membuka kegiatan “Public Awareness Pemotongan Hewan Kurban”, di Al Azhar Sentra Primer Cakung, Jakarta Timur, Kamis 8 September 2016.

Perseteruan Selesai, Dewi Perssik Bakal Temui Pak RT untuk Bersilaturahmi

Djarot mengatakan, proses penyembelihan harus diperhatikan sejak hewan kurban berada di tempat penampungan. Pada saat pemotongan hewan kurban juga harus dilakukan secara bersih, higienis dan halal.

Setelah proses pemotongan, para petugas kurban juga harus memerhatikan kebersihan pembuangan limbah darah dan kotoran hewan kurban. Limbah hasil kurban, menurut Djarot, tidak boleh dibuang di sembarang tempat. "Jangan memotong hewan kurban di trotoar. Jangan memotong hewan kurban di tengah permukiman," ujarnya.

Abis Heboh Seteru Sampai Nangis-nangis, Dewi Perssik Kini Ngaku Bangga Sama Pak RT

"Pastikan memotong hewan kurban di tempat yang benar. Supaya kurbannya ini diterima oleh Allah. Berbagi kebaikan, bukan justru menimbulkan penyakit karena limbahnya," Djarot menambahkan.

Bertrand Antolin

Bukan Muslim, Ini Alasan Bertrand Antolin Tetap Terlibat dalam Berkurban

Bertrand Antolin terlibat untuk ketiga kalinya sejak tahun 2021, dan tahun ini lebih luas dengan penyaluran hewan kurban mencakup 35 titik lokasi di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2023