Libur Idul Adha, Puncak Arus Mudik Diprediksi Jumat Sore

Arus mudik di Brebes.
Sumber :
  • Bayu Nugraha/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto mengatakan, puncak arus mudik pada libur panjang Idul Adha 1437 Hijriah atau 2016 Masehi diperkirakan terjadi Jumat sore, 9 September 2016.

Dewa 19 Ambassador Pariwisata Lombok, Aparat Bersenjata Dampingi Remaja Bakar Sekolah

"Puncak arus mudik untuk berangkat keluar kota kami perkirakan Jumat sore. Malam mungkin sudah banyak orang berangkat," kata Moechgiyarto saat apel gelar pasukan, di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 8 September 2016.

Perkiraan itu diperkuat mengingat perayaan Idul Adha masih berada di tanggal-tanggal awal para pegawai menerima gaji, sehingga memungkinkan masyarakat untuk berkunjung ke rumah sanak saudara.

Libur panjang Idul Adha, Objek Wisata Cikao Park Diserbu Pengunjung

"Apalagi saat ini tanggal muda jadi memungkinkan mereka akan bepergian ke tempat wisata, tempat saudara. Di situ lah mungkin (Jumat) puncak orang mudik," katanya menambahkan.

Dia memperkirakan, kemacetan terjadi di beberapa tempat, seperti tempat wisata, tempat perbelanjaan, jalan tol keluar Jakarta dan jalan arteri. "Untuk jalan tol kami akan koordinasi dengan pihak seperti Kemenhub (Kementerian Perhubungan) dan Jasa Marga," katanya.

Libur Idul Adha, Ini 5 Destinasi Pilihan di Yogyakarta

Guna mengantisipasi kemacetan, sekitar 3.500 personel gabungan akan diturunkan. Pasukan tersebut terdiri atas Polda Metro Jaya, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Dishub, Jasa Marga dan TNI.

Seperti diketahui, Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah jatuh pada Senin, 12 September 2016. Sementara pada 10-11 September 2016, merupakan libur akhir pekan Sabtu dan Minggu, sehingga sebagian masyarakat bisa menikmati libur tiga hari berturut-turut, pada 10-12 September 2016.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya