Tips Membeli Hewan Kurban

Ilustrasi pemeriksaan hewan kurban
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadaat

VIVA.co.id – Menjelang Hari Raya Idul Adha, banyak penjual hewan kurban bermunculan. Bagi Anda yang ingin membeli hewan tersebut, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Komentari Kisruh dengan Ketua RT, Saipul Jamil Sebut Dewi Perssik Korban

"Kita bisa melihat hewan kurban dari kelincahannya. Dalam arti hewan kurban tersebut terlihat bugar dan tidak loyo," kata Asisten Perekonomian Kota Jakarta Timur Eric Pahlevi Zakaria Lumbun saat memeriksa kesehatan hewan, di tempat penjualan hewan kurban Qurbansapibali.com, Jalan Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Jumat, 2 September 2016

Dalam membeli hewan kurban, kata Eric, masyarakat diminta untuk memilih hewan kurban yang sudah cukup umur. Untuk mengetahui hewan tersebut cukup umur atau tidak, dapat dilihat dari giginya. "Untuk kurban, lihat giginya. Apabila sudah kupak atau giginya sudah tanggal, maka hewan tersebut sudah layak untuk dikurbankan," ujarnya.

Perseteruan Selesai, Dewi Perssik Bakal Temui Pak RT untuk Bersilaturahmi

Selain itu, untuk memilih hewan kurban yang baik juga bisa dilihat dari matanya. Apabila matanya sehat dan tidak mengalami belek mata, hewan tersebut dalam kondisi baik.

"Bisa juga dilihat dari kemaluannya atau buah zakarnya. Hewan kurban yang baik yaitu buah zakarnya turun kedua-duanya," ujarnya.

Abis Heboh Seteru Sampai Nangis-nangis, Dewi Perssik Kini Ngaku Bangga Sama Pak RT

Eric mengimbau masyarakat membeli hewan kurban di tempat yang sudah diperiksa, serta terjamin kesehatannya. "Jika tempat yang sudah diperiksa oleh pemerintah itu biasanya ada stiker bahwa tempat penjualan itu telah diperiksa dan hewan kurban yang dijual itu sehat," ujarnya.

Bertrand Antolin

Bukan Muslim, Ini Alasan Bertrand Antolin Tetap Terlibat dalam Berkurban

Bertrand Antolin terlibat untuk ketiga kalinya sejak tahun 2021, dan tahun ini lebih luas dengan penyaluran hewan kurban mencakup 35 titik lokasi di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2023