Penutupan Perlintasan KA di Senen, Ini Rute Alternatifnya

Ilustrasi kereta
Sumber :
  • Twitter PT Kereta Api Indonesia @KAI121

VIVA.co.id – Perlintasan kereta api (KA) di Jalan Letjen Soeprapto, Senen, Jakarta Pusat, akan ditutup. Untuk itu, sejumlah rute jalan alternatif pun telah disiapkan pada saat uji coba penutupan perlintasan kereta tersebut.

Perlintasan Kereta Api di Senen akan Ditutup

"Ada juga rute jalan alternatif yang sudah disiapkan Pemprov DKI berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Prasetyo Boeditjahjono, di kantor Kemenhub, Selasa, 30 Agustus 2016.

Selain itu, Prasetyo menyarankan, pengguna jalan memakai underpass di sekitar Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. "Bagi pengguna jalan diharapkan menggunakan underpass (Soeprapto) yang sudah tersedia," katanya.

Perlintasan Kereta di Stasiun Pasar Senen Bakal Ditutup

Adapun rute jalan alternatif tersebut yaitu:

1. Untuk pengguna jalan yang datang dari Utara dapat melewati Jalan Gunung Sahari- Jalan Gunung Sahari II- Jalan Kepu Selatan-Jalan Bungur Besar-Jalan Soeprapto.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

2. Dari arah Selatan: Jalan Kramat Raya-Jalan Kwitang (U-turn)- Jalan Prapatan-underpass Soeprapto.

3. Dari arah Timur: Jalan Soeprapto-Jalan Utan Panjang Barat-Jalan Kemayoran Gempol-Jalan Angkasa-Jalan Gunung Sahari-Fly over Senen-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba Raya.

4. Dari arah Barat: Jalan Dr.Soetomo-Jalan Gunung Sahari Raya-Jalan Gunung Sahari II-Jalan Kepu Selatan-Jalan Bungur Besar-Jalan Soeprapto.

Sebelumnya diwartakan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menutup perlintasan sebidang di Jalan Letnan Jenderal (Letjen) Soeprapto, Jakarta Pusat. Uji coba penutupan itu dilakukan pada 1-31 Oktober 2016.

Sebelum uji coba penutupan itu, sosialisasi akan diberikan kepada masyarakat selama satu bulan, pada 1-30 September 2016. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya