Jakarta Selatan Sering Banjir, Ini Jawaban Ahok

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Sejumlah wilayah di Jakarta Selatan kerap mengalami banjir setiap kali hujan deras mengguyur. Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memiliki jawabannya.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Menurut dia, genangan yang sering terjadi di Jakarta Selatan setiap hujan deras lantaran kondisi wilayah yang berlembah. Tak hanya itu, mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan, juga disebabkan proses normalisasi kali Grogol dan kali Krukut yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum selesai.

"Ya pasti, seperti saya sampaikan. Kalau hujan, Jakarta Selatan pasti tergenang karena dia banyak sekali lembah-lembah. Termasuk kali Grogol belum selesai normalisasi, termasuk kali Krukut (belum selesai normalisasi)," kata Ahok usai meresmikan lapangan olahraga di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 27 Agustus 2016.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Ahok mengklaim, untuk saat ini, di wilayah tengah, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara sudah bebas dari banjir. Meskipun di sejumlah kawasan di Jakarta Selatan kerap terjadi banjir, Ahok menjamin banjir tersebut tidak akan terjadi hingga berhari-hari. Dia mengklaim, dalam hitungan jam genangan air akan kembali surut.

"Makanya kamu lihat (Jakarta) Pusat, (Jakarta) Utara bebas (banjir). Kalau (Jakarta) Selatan, saya jamin tidak akan lebih dari sehari berhenti, hitungan jam selesai. Kita lagi kerjain (normalisasi kali)," ucapnya.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Karena itu, dia meminta, jika dia memutasi pejabat, lantaran tidak bisa mengurus normalisasi sungai, jangan marah dengan keputusannya.

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024