Pilkada Jakarta 2017

Bawaslu DKI Siapkan Mekanisme Pemutakhiran Data Pilkada

Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti (paling kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta telah menyiapkan mekanisme pengawasan untuk pemutakhiran data pemilih di Pilkada serentak 2017 mendatang.

Unggah Foto Jokowi dan Ahok, Fadli: Sejarah Simpan Misteri

Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti mengatakan, pada pemutakhiran data pilkada serentak nanti akan ada langkah untuk meminimalisir kesalahan data pemilih, dengan berkaca pada proses pengawasan pada proses pemilu presiden sebelumnya.

"Kami sudah siapkan beberapa langkah pengawasan pemutakhiran data pemilih. Yakni pertama, kami akan lakukan rapat koordinasi dengan para stakeholder penyelenggara pemilu. Kemudian kedua, kami akan lakukan rapat terbatas. Kami tidak mau kejadian di Pilpres sebelumnya terulang kembali," ujar Mimah di Kantor Sekertariat Bawaslu DKI Jakarta, Sunter, Jakarta Utara, Jumat, 26 Agustus 2016.

Buya Syafi'i soal Ganjar: Layak, kalau Tak Dipanggil Jakarta

Selain itu, Bawaslu DKI Jakarta juga akan melakukan pengawasan dokumen, dan menelusuri validitas informasi pemilih. "Kemudian keempat, penelusuran, pengawasan layar. Kelima pengawasan melekat. Dan terakhir, pengawasan partisipatif," tuturnya.

Selain melakukan mekanisme pengawasan melalui sistem berbasis IT yang disebut SADAP, akronim dari Sistem Analisa Data Pemilih, Bawaslu DKI Jakarta juga mengikutsertakan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan data pemilih. (ase)

Riuh Pilkada, Alexis Hingga Tanah Abang
Ketua DPD Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Pengurus DPD Golkar Jakarta baru akan persiapkan kader internal maju.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2020