Puluhan Warga Tertipu Info Jadwal Layanan SIM di Televisi

Ilustrasi SIM.
Sumber :
  • Krisna Wicaksono/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Puluhan warga dari Jakarta dan sekitarnya diduga tertipu informasi berupa running text (teks berjalan) dari sebuah stasiun televisi swasta, yang menyebutkan ada pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan uji kir secara gratis di kawasan Monumen Nasional (Monas), pada Jumat, 26  Agustus 2016.

Polisi Layani Perpanjangan SIM Gratis bagi Tenaga Medis di Wisma Atlet

Sejak pukul 10.00 WIB, puluhan orang silih berganti mendatangi kawasan Monas, tepatnya di Pintu Gerbang Monas Timur. Mereka mencari di mana lokasi tempat pengurusan SIM dan uji kir itu.

Salah satu warga yang terkecoh itu adalah Tio (19), warga Kota Bekasi, Jawa Barat.  Dia mendapatkan informasi pembuatan SIM dan uji kir gratis tersebut dari orangtuanya, yang melihat running text di salah satu stasiun televisi swasta.

Hari Bhayangkara ke-74, 4.308 Warga Ikuti Program SIM Gratis

"Kebetulan saya ini sopir Uber Taxi, mau uji kir. Saya juga mau urus SIM A Umum, tapi kalau begini kami ketipu dan kecewa," ujarnya di lokasi, Jumat, 26 Agustus 2016.

Warga lainnya Emby, yang tinggal di Tanah Kusir, Jakarta Selatan, bernasib sama seperti Tio. Emby mengaku mendapatkan informasi itu dari saudaranya, yang menyebutkan ada running text salah satu stasiun televisi swasta soal pengurusan SIM dan uji kir gratis itu.

Bikin SIM Baru Wajib Ikut Kursus Mengemudi?

Namun, setelah ke Monas dan mencari lokasi itu, ia tidak menemukannya. Saat bertanya kepada petugas keamanan Monas pun, Emby mendapatkan jawaban bahwa tidak ada kegiatan itu di Monas.

Berdasarkan running text itu, Emby menjelaskan, kegiatan tersebut berlangsung sejak Rabu, 24 Agustus 2016 hingga Minggu, 28 Agustus 2016.

"Saya kebetulan mau urus SIM A ke SIM A Umum, tapi ternyata enggak ada. Ini gimana sih infonya, bukan saya saja loh yang kena tipu. Tadi ada juga orang yang nyariin kayak saya dan bilang infonya dari tv juga," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya