Doktor Gelgel Pastikan Mirna Tewas karena Sianida di Kopi

Wayan Mirna Salihin (semasa hidup)
Sumber :

VIVA.co.id – Ahli toksikologi forensik, Profesor Doktor I Made Agus Gelgel Wirasuta, memastikan Mirna Salihin tewas akibat sianida yang masuk ke dalam tubuhnya bersamaan dengan kopi es Vietnam yang diminumnya di Kafe Olivier, Thamrin, Jakarta Pusat. I Made dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan kematian Wayan Mirna Salihin, Kamis, 25 Agustus 2016.

Otto Hasibuan Jelaskan Perkembangan Kasus Jessica Wongso, Mau Ajukan PK Bulan Januari

I Made Agus Gelgel memastikan apa yang diyakini berdasarkan berita acara pemeriksaan (BAP) terhadap teman Mirna, Boon Juwita alias Hani, BAP Laboratorium Forensik (Labfor) dan BAP Kedokteran Forensik Mabes Polri.

"Saya meyakini dan yakin Mirna tewas akibat zat korosif yakni dalam hal ini sianida. Berdasarkan BAP ini saya simpulkan, korban terpapar sianida dari BAP laboratorium forensik, di sana mengatakan mengandung sianida," kata I Made Agus Gelgel di hadapan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Kaleidoskop 2023: Heboh Kasus Jessica Wongso Gara-gara Netflix

I Made Agus Gelgel menjelaskan, ketika sianida masuk ke dalam tubuh Mirna dengan jumlah besar, maka hal itu akan merusak lambung. Lalu, efek lainnya, korban akan mengalami kekurangan oksigen.

"Reaksi ketika tubuh manusia kekurangan oksigen dalam jumlah tertentu napasnya akan terengah-engah, kalau masih kekurangan juga maka akan kejang-kejang," kata I Made Agus.

Jessica Wongso Dituduh Bekerja di Bidang Farmasi, Otto Hasibuan Bongkar Pekerjaan Sebenarnya

I Made Agus Gelgel mengatakan, ketika menganalisis pH lambung korban berdasarkan BAP labfor, ia menemukan adanya peningkatan pH lambung korban sebesar 5,5 pH. Padahal, normalnya, lambung seseorang pH-nya satu sampai tiga.

"Saya coba menganalisa pH lambung yang didapat dari labfor, ini artinya ada peningkatan di pH lambung yang normalnya 1-3, tapi di lambung korban pH 5,5," katanya.

Meski begitu ia tidak mengetahui siapa yang memasukkan sianida di dalam kopi Mirna. I Made Agus Gelgel hanya memastikan kalau sianida berasal dari es kopi Vietnam yang ditenggak Mirna.

"Kalau memastikan apakah sianida yang ada di dalam lambung berasal dari Vitenam es kopi itu sudah jelas, karena banyak saksi lihat korban minum itu, bahwa kopi itu mengandung sianida," kata I Made Agus. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya