Antisipasi Banjir, Tanggul Darurat Dipasang di Kali Krukut

Longsor di Jalan Melati, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Selatan memasang tanggul darurat, berupa gundukan pasir dalam karung, di pinggir aliran Kali Krukut. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya luapan air dari kali tersebut.

Longsor Pondok Labu Telan Korban Jiwa, Masjid Runtuh

"Tanggul sementara, kalau permanen butuh waktu," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jakarta Selatan Danang Susanto saat dikonfirmasi, Senin, 22 Agustus 2016.

Selain itu, pihaknya telah melakukan pengerukan Kali Krukut yang alirannya sempat terganggu lantaran longsor di Hutan Taman Kota Pondok Labu, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Agustus 2016. Pengerukan itu dilakukan agar aliran air di kali tersebut lancar kembali sehingga tak menyebabkan banjir.

Longsor di Pondok Labu, 7 Rumah Rusak

Saat ini, tidak ada genangan air di Jakarta Selatan. "Jakarta Selatan alhamdulillah dari malam hingga siang ini tidak datang hujan, banjir nihil," kata Danang.

Sebelumnya, petugas dari Pemerintah Kota Jakarta Selatan bersama anggota Polri dan TNI serta warga, telah melakukan kerja bakti untuk membersihkan sisa-sisa lumpur akibat banjir.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Tak hanya itu. Pihaknya juga telah menyedot air dengan pompa air yang menyebabkan banjir di pemukiman warga itu. Saat ini, dua mesin pompa masih disiahakan di RT 08 dan 09 RW 02 Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Seperti diwartakan sebelumnya, hujan yang melanda Jakarta, Jumat, 19 Agustus 2016, mengakibatkan longsor di Hutan Taman Kota Pondok Labu, Jakarta Selatan. Akibatnya, satu orang meninggal, yaitu Dursen. Saat longsor terjadi, dia yang tengah tidur diduga tertimpa reruntuhan bangunan. Selain itu, ada ratusan kepala keluarga terkena banjir.

Longsor di Jalan Melati, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Longsor Pondok Labu Sumbat Kali Krukut

Pengerukan aliran anak Kali Krukut masih dilakukan.

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2016