Pawai Kemerdekaan, Wagub Djarot Menumpang Mobil Bung Karno

Napak Tilas Proklamasi Museum Joang 45
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA.co.id – Sekitar 1100 orang – yang terdiri dari veteran pejuang dan warga setempat – mengikuti parade napak tilas Proklamasi di Museum Joang 45, Menteng, Jakarta pada Selasa 16 Agustus 2016. Kegiatan ini digelar dalam rangkaian memperingati Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia (RI).

Rayakan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra Gelorakan #SemangatSalingBantu

Dengan berbagai kostum ala pejuang kemerdekaan, termasuk kostum proklamator Soekarno- Hatta, peserta napak tilas menggelar pawai dengan berjalan kaki dari Gedung Museum Joang 45 dan menyelesaikannya di Museum Naskah Proklamasi. Rombongan dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, yang menumpang mobil REP 1 yakni mobil Presiden pertama RI Soekarno.

"Dengan mengucapkan Bismillah, saya lepas parade napak tilas Proklamasi," ujar Djarot saat melepas rombongan di Jakarta, Selasa 16 Agustus 2016.

Hari Pahlawan, Megawati Minta Santri dan Milenial Jaga Kemerdekaan RI

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Catur Laswanto, mengatakan acara napak tilas dilakukan untuk mengenang kembali detik-detik sejarah kemerdekaan Indonesia. Pesan ini penting khususnya kepada pelajar dan mahasiswa. Acara tersebut telah menjadi kegiatan rutin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 1983.

"Kegiatan ini diharapkan menambah pengetahuan tentang sejarah perjuangan bangsa dan menumbuhkan sikap cinta tanah air," kata Catur.

Spesialis Runner Up, 'Warisan' Belanda untuk Timnas Indonesia

(ren)

Proklamasi kemerdekaan, penanda mulainya

5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia, Mana Saja?

Menjelang HUT RI ke-76, yuk simak kilas balik deretan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Negara mana saja?

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2021