Besok, TransJakarta Uji Coba Tempel Tiket di Gerbang Keluar

Bus TransJakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal

VIVA.co.id –  Kepala Humas PT Transportasi Jakarta, Prasetia Budi, mengatakan layanan TransJakarta menguji coba pemberlakuan mekanisme tap out (menempelkan tiket di gerbang keluar halte), mulai Rabu, 17 Agustus 2016. Uji coba dilakukan hanya di jalur Koridor 1 (Blok M-Kota).

Penumpang Transjakarta Rute Bandara Soetta Tembus 14.222 Orang, Uji Coba Diperpanjang

"Mekanisme ini nantinya akan diberlakukan di seluruh koridor dan rute TransJakarta," ujar Prasetia melalui keterangan tertulis, Selasa, 16 Agustus 2016.

Prasetia menjelaskan, mekanisme itu diterapkan supaya TransJakarta mendapat data yang lebih akurat tentang pergerakan penumpangnya. TransJakarta bisa menggunakan data itu untuk memutuskan pembukaan rute baru, misalnya untuk membuka rute langsung (lintas koridor). Rute langsung itu supaya pengguna tidak perlu berpindah koridor untuk mencapai halte yang cukup jauh dari halte awal, di mana mereka memulai perjalanan.

15 Bus Bakal Diuji Coba dari Terminal Kalideres ke Bandara Soetta

"Diharapkan dengan pengaturan pola operasional bus berdasarkan kepada kebutuhan pelanggan, TransJakarta dapat meningkatkan pelayanan agar tidak terjadi antrean yang diakibatkan kurangnya jumlah bus," ujar Prasetia.

Prasetia menjelaskan, diberlakukannya mekanisme itu tidak mengubah metode pembayaran tiket TransJakarta. TransJakarta tetap memotong saldo kartu uang elektronik saat pengguna menempelkan kartunya di gerbang masuk. Penempelan kartu di gerbang keluar, hanya dilakukan supaya pintu terbuka dan TransJakarta mendapat data tujuan akhir pengguna.

Soal Wacana Kenaikan Tarif Transjakarta, Kepala Dishub DKI: Belum Ada Pembahasan
Keributan Terjadi antara Pengendara Mobil dan Supir Transjakarta

Viral Keributan Terjadi antara Pengendara Mobil dan Supir Transjakarta, Ini Penyebabnya

Beredar di media sosial video yang memperlihatkan suasana keributan yang terjadi antar pengemudi mobil dengan supir Bus Transjakarta. Apa penyebabnya?

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2023