Jeritan Hati Gloria, Paskibraka yang Batal Tampil di Istana

Gloria Natapraja Hamel (tengah), anggota Paskibraka 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Gloria Natapraja Hamel, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2016, yang batal ikut dalam pengibaran bendera di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2016, kini dalam kondisi syok. Dara keturunan Prancis itu tak menyangka jika dirinya bakal digugurkan karena status kewarganegaraan.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Istana: Mari Bersatu Kembali Wujudkan Indonesia Lebih Baik

“Ya syoklah, dia nangis-nangis minta tolong sama ibunya. Di BBM (BlackBerry Messenger)-nya dia tulis status ‘aku cinta Indonesia, aku bela merah putih Indonesia, demi Indonesia aku capek-capek, panas-panasan’," kata Acih, bibi Gloria, di kawasan Jalan Sulawesi, Cinere Depok, Senin, 15 Agustus 2016.

"Harusnya kalau tahu begini dari awal dong, kan kasihan anak ini,” ujar Acih menambahkan.

Jokowi Hormati Putusan MK yang Tolak Semua Gugatan Sengketa Pilpres 2024

Menurut Acih, gadis berusia 16 tahun itu telah banyak berkorban demi bisa tampil sebagai anggota Paskibraka.  "Dia meninggalkan pelajaran dari awal masuk kelas dua SMA. Dia rela latihan sampai malam, tapi kok malah kayak gini. Ini enggak adil dong. Dia dari kecil di sini, sekolahnya pun di sini di Dian Didaktika, Cinere,” ujarnya.            

Terkait hal tersebut, menurut Acih, anak dari pasangan Didier Hamel dan Ira Natapraja itu akan terus berjuang hingga bisa tampil di Istana. “Kami keluarga tetap akan mendukung Gloria. Ini harus ada keadilan, kalau enggak percaya Gloria orang Indonesia silakan datang ke rumah sakit tempatnya dilahirkan.”

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Sebelumnya diwartakan, Gloria Natapraja Hamel merupakan anggota Paskibraka 2016 perwakilan Jawa Barat, bersama Alldi Padlyma Allamurochman. Gloria dilarang tampil menjadi Paskibraka 2016 lantaran diketahui memiliki kewarganegaraan ganda. Gloria memiliki paspor Perancis, negara asal ayahnya.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024