Pilkada Jakarta 2017

Ahok Tak Yakin PDIP Segera Umumkan Calon Wagub

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak yakin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan melakukan deklarasi pengusungan calon gubernur DKI dan calon wakil gubernur DKI di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017, dalam waktu dekat.

Bakal Calon Gubernur Jakarta Tes Kesehatan di RS Mintohardjo

Hal itu, menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, berkaca kepada pengalamannya ketika PDIP mengusung dia bersama Joko Widodo (Jokowi) di Pilkada DKI 2017. Keputusan pengusungan baru dibuat menjelang tenggat waktu pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI.

"Jam setengah satu (di hari terakhir pendaftaran), baru telepon saya, 'Eh, kamu diminta Bu Mega (Megawati Soekarnoputri) dampingi Pak Jokowi," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Senin, 15 Agustus 2016.

Rizal Ramli Dinilai PAN Tak Cukup Kuat untuk Pilkada Jakarta

Ahok, yang saat itu anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, mengaku bergegas dari Gedung DPR. Ia sempat makan siang di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sebelum menuju kantor KPUD. "Cepat-cepat dari DPR. Makan, langsung dikasih baju kotak-kotak," ujar Ahok.

Sebagai informasi, beredar isu di kalangan wartawan yang menyebut PDIP akan melakukan deklarasi pengusungan cagub dan cawagub hari ini. Isu yang tidak jelas sumbernya itu menyebutkan, pasangan calon yang akan diusung PDIP adalah Ahok dan wakilnya saat ini, Djarot Saiful Hidayat.

Risma Ogah Jadi Juru Kampanye Ahok-Djarot

Ahok sendiri enggan membenarkan isu. Ia meminta wartawan mengonfirmasi ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI atau DPP PDI-P sebagai pihak yang dikabarkan akan melakukan deklarasi. "Kamu tanya saja sama mereka," ujar Ahok.

Adapun masa pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI pada Pilkada Jakarta 2017, yaitu  pada 19-21 September 2016, untuk calon perseorangan maupun dari partai politik.

Bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Agus Harimuti Yudhoyono dan Sylviana Murni, seusai menjalani tes kesehatan di RSAL Dr Mintohardjo di Jakarta pada Sabtu pagi, 24 September 2016.

Ahok Pagi ini Puasa Ngomong, Agus Yudhoyono Tegang

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dijadwalkan tes kesehatan pada siang.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2016