Pilkada Jakarta 2017

Sekda DKI Saefullah Siap Maju ke Pilkada dengan Sandiaga Uno

Sekda DKI Saefullah (kiri) dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, menyatakan siap berpasangan dengan bakal calon Gubernur Sandiaga Uno. Dia akan mempertimbangkan maju ke Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 berpasangan dengan Sandi, sapaan Sandiaga Uno.

Saefullah Gagal Jadi Cawagub, Sandiaga Minta Maaf

Namun, partai politik (parpol) atau gabungan parpol terlebih dahulu harus memberi kepastian terkait pengusungan mereka. "Kalau didukung cukup partai, saya pikirkan maju," ujar Saefullah di Balai Kota DKI, Jumat, 12 Agustus 2016.

Sandi, dalam kunjungannya ke Balai Kota, Jumat siang, 12 Agustus 2016, pertama-tama menemui Saefullah. Kemudian, dia bertandang ke pendopo untuk bertemu Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok Tak Bisa Sembarangan Setop Dana Hibah Bamus Betawi

Saefullah mengatakan, jika pada akhirnya partai politik atau gabungan parpol memutuskan mengusung mereka berdua, sesuai ketentuan, ia akan mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi DKI.

"Kalau maju, kami sebagai orang taat undang-undang, kami jalankan undang-undang dan nyatakan berhenti sebagai PNS. Mau apa lagi? Kan harus begitu," ujar Saefullah.

Sandiaga Uno: Saefullah Bagus Jadi Cawagub DKI

Saefullah lantas bercerita tentang besarnya dorongan bagi dia untuk maju ke Pilkada. Menurut dia, dukungan itu tidak hanya datang dari organisasi kemasyarakat (ormas) Nahdlatul Ulama (NU), di mana dia memimpin ormas itu untuk wilayah DKI Jakarta. Dukungan juga datang dari masyarakat biasa yang mengenalnya.
"Dorongannya bukan keras nih, tapi didorong keras untuk maju," ujar Saefullah.

Namun, Saefullah kembali menegaskan, ia membutuhkan kepastian adanya pengusungan oleh partai politik sebelum masa pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI pada 19 September 2016. "(Saya) S-I-A-P. Dibaca? Siap (jika diusung partai)," ujar Saefullah.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya