Pilkada Jakarta 2017

Ahok: Puji Tuhan dan Alhamdulillah Jika PDIP Dukung Saya

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Gubernur Basuki Tjahaja Purnama mengaku tidak fokus mencari dukungan partai politik untuk bisa mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Namun, dia menyambut baik dukungan dari para partai politik agar dia maju sebagai petahan di Pilkada tahun depan.

Ahok kembali mengingatkan bahwa, awalnya, dia berencana ikut Pilkada dari jalur perseorangan. Komunitas relawan pendukungnya, Teman Ahok, giat mengumpulkan satu juta Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI, agar dia bisa memenuhi syarat yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Saya dari pertama apa? Enggak ada partai juga enggak apa-apa tahu enggak, dari pertama juga," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 11 Agustus 2016.

Meski demikian, Ahok mengatakan, sangat bersyukur ketika jelang Pilkada, tiga partai, Nasdem, Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Golongan Karya (Golkar) menyatakan dukungan.

Dengan adanya dukunga ketiga partai politik itu, Ahok mengatakan, mendapat alternatif jalur untuk ditempuh selain jalur perseorangan, yang menurutnya perkiraan akan lebih sulit membuatnya lolos menjadi peserta Pilkada.

Ahok mengatakan, ia tetap menjalin komunikasi yang baik dengan partai-partai politik lain, termasuk tujuh parpol yang berencana membentuk koalisi dengan nama 'Koalisi Kekeluargaan'.

Ahok akan senang jika dukungan untuknya bertambah dari parpol lain. "Mau empat, mau lima (parpol) yang mendukung, yang penting (sekarang) komunikasi beres aja," ujar Ahok.

Termasuk, jika dukungan itu datang dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, parpol pemilik 28 kursi di DPRD DKI. Ahok menganggap, kemungkinannya untuk menang di Pilkada akan bertambah jika parpol yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu masuk ke barisan pendukungnya.

"Puji Tuhan dong (jika PDI Perjuangan menyatakan dukungan). Alhamdulillah," ujar Ahok.

Sekjen PDIP: Ahok Jangan Jadi Pemimpin Pemecah Belah

(ren)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, dan Sandiaga Uno.

Sandiaga Tak Khawatir Jika PDIP Dukung Ahok

"Mekanisme koalisi partai sudah bisa menyerap aspirasi warga."

img_title
VIVA.co.id
23 Agustus 2016