Razia 'Manusia Gerobak' Jelang Ramadhan

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengintensifkan razia 'manusia gerobak' sebelum, selama, dan sesudah bulan suci Ramadhan. 'Manusia gerobak' adalah sebutan pemulung musiman yang kerap membawa gerobak dengan maksud mengemis di bulan Ramadhan.

Di Jakarta Barat, razia akan difokuskan di persimpangan Grogol, persimpangan Tomang, sepanjang Jalan Panjang, dan sepanjang Jalan Daan Mogot.

"Kami akan selalu pantau lokasi yang sering dijadikan mangkal manusia gerobak," kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Yanuardi, seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis 6 Agustus.

'Manusia gerobak' biasanya muncul menjelang bulan Ramadhan, dan jumlahnya terus bertambah menjelang Lebaran. Mereka datang dari berbagai daerah untuk mengemis dan baru pulang kampung usai Lebaran. Mereka biasanya menyewa gerobak untuk dijadikan tempat tinggal selama di Jakarta.

Sedangkan di Jakarta Selatan, razia akan difokuskan di kawasan favorit 'manusia gerobak' seperti Jalan Metro Pondok Indah, Jalan Jenderal Gatot Soebroto, Jalan Panglima Polim, Jalan Tebet Raya, Jalan MT Haryono, dan Jalan Raya Pasar Minggu.

Razia tak hanya difokuskan bagi 'manusia gerobak', melainkan juga pekerja seks komersial, waria, gelandangan, anak jalanan, dan penyandang masalah kesejahteraan sosial atau PMKS lainnya.

Selama sepekan terakhir, kata Yanuardi, jumlah PMKS di Jakarta Barat mulai menunjukkan peningkatan. "Biasanya kami rata-rata menangkap enam orang, tapi selama seminggu razia kami menangkap 10 orang per hari," ujarnya.

Data Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, sejak Januari-Juli 2009, menunjukkan, sebanyak 1.266 PMKS terjaring. Mereka yang terjaring dalam razia kemudian ditampung di Panti Sosial Kedoya. "Kebanyakan para PMKS berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat seperti Indramayu dan Cirebon, serta Jawa Tengah seperti Tegal dan Cilacap."

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan operasi yustisi kependudukan. Hal ini untuk mengantisipasi pendatang baru setelah Lebaran," kata Yanuardi.

Dibuka Menguat, IHSG Diprediksi Balik Melemah Hari Ini
Eks Karutan KPK Achmad Fauzi saat melakukan permintaan maaf

KPK Eksekusi Sanksi Etik Eks Karutan Achmad Fauzi soal Kasus Pungli

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) eksekusi sanksi etik mantan Kepala Rutan cabang KPK Achmad Fauzi berupa permintaan maaf secara langsung.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024