Pilkada Jakarta 2017

KSPI Pastikan Lebih dari 1 Juta Buruh Tidak Pilih Ahok

Ketua KSPI, Said Iqbal dan aktivis Ratna Sarumpaet.
Sumber :
  • Filzah Adini Lubis

VIVA.co.id - Dukungan pencalonan Gubernur DKI 2017 kepada mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, marak dilakukan masyarakat menengah ke bawah.

Djarot Harap Pendemo Tak Rusak Taman Kota

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan Rizal merupakan sosok yang berpengalaman di jajaran pemerintahan.

Said menilai kegagalan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, telah terlihat jelas dari angka kemiskinan yang meningkat di Jakarta.

Blusukan di Mampang, Sandi Dicegat Kiai Berjubah

"BPS (Badan Pusat Statistik) mengeluarkan angka kemiskinan yang naik menjadi 16 ribu. Ahok bantah, dia bilangnya salah metodologi," ujar Said di Gedung Joeang 45, Jakarta Pusat, Senin, 8 Agustus 2016.

Menurut Said, kesenjangan pendapatan di Jakarta disebabkan oleh beberapa kebijakan yang tidak berpihak terhadap rakyat kecil, salah satunya reklamasi. Sehingga KSPI dan organisasi lainnya ingin mengusung calon gubernur yang dianggap bisa membela rakyat miskin.

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta

"Iitulah mengapa buruh dan tokoh lain ingin menyadarkan masyarakat. Akhirnya kami mencari sosok yang mengerti makro ekonomi, punya empati dan kepedulian, makanya kami memutuskan mendukung Rizal Ramli menjadi cagub. Maka selama dua minggu ke depan, kami akan mengumpulkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan," ujar Said.

Said yakin, sekitar satu juta buruh yang tergabung dalam KPSI tidak akan memberi dukungan terhadap Ahok. Pasalnya, reklamasi dianggap telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) dan menyakiti hati orang miskin.

"Pelanggaran HAM. Kebijakan penggusuran itu representasi pelanggaran HAM. Sikap kami, buruh Jakarta terus memberi perlawanan dengan penyadaran terhadap kelas pekerja," kata Said.

Selain melalui petisi, rencananya para buruh akan melakukan long march selama dua hari di lima wilayah Kota Jakarta. Mereka juga berharap akan ada partai politik yang mau mengusung calon pilihan mereka tersebut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya