Masjid SMA Senilai Rp3,6 Miliar Diresmikan Wagub Djarot

Masjid SMA 39 Jakarta yang menghabiskan anggaran Rp3,6 miliar
Sumber :
  • Ade Alfath/ VIVA.co.id
VIVA.co.id
Pendaftaran Masih Lama, PDIP Belum Pikirkan Cagub DKI
- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, meresmikan masjid senilai Rp3,6 miliar milik SMA Negeri 39 Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2016. Dana pembangunan masjid bernilai miliaran itu didapat dari sumbangan wali murid, komite sekolah, dan para alumni. 

Wagub Djarot Bicara Soal Jadi Wakil Sandiaga Uno
Menurut Djarot, pengumpulan dana secara sukarela diizinkan untuk pembangunan atau kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.

Wagub Djarot Turun Tangan Bongkar Makam Fiktif
"Kalau ada fasilitas lebih, orang tua boleh nyumbang dan itu bukan pungli (pungutan liar)," ujar Djarot saat meresmikan masjid ini.

Djarot mengatakan, kemajuan pendidikan tidak hanya tergantung pada pemerintah, tapi juga orang tua dan masyarakat lingkungan.

Untuk itu, jika ada sekolah yang meminta sumbangan sukarela, orang tua diminta tidak buru-buru menyimpulkan dengan asumsi negatif, bahwa tindakan itu merupakan pungutan liar.

"Orang tua jangan adu domba, jika ada sekolah yang meminta sumbangan sukarela," kata Djarot.

Di sisi lain, Djarot juga mengingatkan para guru agar tidak menyalahkangunakan wewenang mereka dengan mencari keuntungan dari orang tua murid. Misalnya dengan memperjualbelikan ketersediaan tempat di sekolah. Jika terbukti, sanksi pemecatan sudah menanti oknum tersebut.

"Makam saja dijual beli, apalagi bangku sekolah. Kalau ada yang menerima suap, ada bukti, kita pecat," tegas Djarot. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya