KPU DKI Siapkan Seribu Petugas Verifikasi Calon Perseorangan

Ilustrasi/Penyelenggaraan pilkada serentak 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno sudah menyiapkan tim untuk menerima pendaftaran calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 2017 mendatang.

Masa pendaftaran calon perseorangan akan dibuka mulai hari ini, 3 Agustus 2016, dan berakhir hingga 7 Agustus 2016. Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Setiap hari kami siapkan 50 orang tim verifikasi. Keseluruhan tim (verifikasi) ada 1.000 orang," kata Sumarno dalam perbincangan bersama tvOne.

Sumarno menjelaskan, tanggal 3-7 Agustus 2016 merupakan masa pendaftaran calon perseorangan, dengan menyertakan dukungan minimal 532 ribu KTP. Dukungan itu minimal tersebar di empat wilayah DKI Jakarta.

Blusukan di Mampang, Sandi Dicegat Kiai Berjubah

"Nanti kita hitung dan lanjutkan dengan verifikasi administrasi. Kemudian kita sensus untuk verifikasi faktual," ujarnya.

Untuk proses verifikasi administrasi dukungan calon perseorangan, KPU DKI diberi tenggat waktu sampai 12 Agustus 2016. Kemudian dilanjutkan verifikasi faktual hingga 23 Agustus 2016. "Persyaratan lain yang harus mereka buat adalah soft copynya (data pendukung) untuk diinput ke dalam sistem," ujarnya menambahkan.

Sejauh ini, Sumarno mengklaim sudah banyak orang yang datang ke KPU DKI untuk sekedar bertanya mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi calon perseorangan. Namun, ia belum dapat memastikan apakah orang-orang yang bertanya soal itu, akan maju melalui jalur perseorangan.

"Ada atau tidak kami siap. Kalau sampai tanggal 7 (Agustus) tidak ada yang mendaftar ya kita tutup. Artinya Pilkada DKI tidak ada calon perseorangan."

(mus)

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta
Calon Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat.

Djarot Harap Pendemo Tak Rusak Taman Kota

Demo diminta tidak ditunggangi pihak yang tak bertanggung jawab.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016