Dipecat Jokowi, Rizal Ramli Didukung Jadi Gubernur DKI

Buruh dukung Rizal Ramli jadi calon gubernur di Pilkada Jakarta 2017.
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA.co.id - Setelah dipecat Presiden Joko Widodo dari kursi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli mendapat dukungan dari massa buruh untuk bertarung melawan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

"Kami telah melakukan beberapa penilaian terhadap beberapa nama. Dari beberapa nama yang kami pantau di media, kami saring lagi, akhirnya kami temukan nama Bapak Rizal Ramli yang kami yakin tepat untuk memimpin Jakarta," kata Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Agustus 2016.

Selain itu, Iqbal juga mengatakan, keputusan mendukung Rizal tidak ada kepentingan dengan partai politik. Ini murni keputusan dari kelompok buruh.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Sebab, menurut Iqbal, saat ini Jakarta butuh pemimpin yang dapat berpihak kepada buruh dan rakyat kecil. Bukan pemimpin yang pro kepada pengusaha dan pemilik modal.

"Kalau saat ini, kebijakan Ahok sangat tidak pro kepada buruh dan juga rakyat kecil. Kebijakan Ahok lebih menguntungkan para pemilik modal," katanya.

Iqbal mengatakan, saat ini di masa pemerintahan Ahok, upah minimun buruh masih lebih rendah daripada upah minimum di wilayah penyangga lainnya, seperti Bekasi, Bogor dan Karawang.

Menurutnya, jika nanti Rizal dapat terpilih sebagai Gubernur DKI, ia sangat yakin, Rizal akan mengerti dan mampu memikirkan kesejahteraan para buruh.

Alasan lainnya yang membuat para buruh mendukung Rizal Ramli yaitu, karena para buruh yakin, Rizal Ramli akan lebih memperhatikan kepentingan masyarakat.

Tidak seperti Ahok yang dinilainya telah melakukan pelanggaran hukum dan lebih pro terhadap kapitalis dengan melakukan reklamasi.

"Buruh akan bekerja keras untuk mendukung Rizal Ramli. Kami juga akan melakukan komunikasi dengan parpol, untuk menyuarakan dukungan kami juga akan jalan dari lima penjuru kota," ujar Iqbal.

Meski telah menyatakan dukunganya terhadap Rizal Ramli,  Iqbal mengatakan pihaknya belum berkomunikasi dengan Rizal Ramli secara langsung. Menurut Iqbal, komunikasi baru akan dilakukan besok. Pihaknya juga menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Rizal Ramli.

"Termasuk untuk urusan yang menjadi wakil gubernur akan diserahkan, tergantung Pak Rizal Ramli," ujar Iqbal. (ase)

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang
Arkhan Fikri saat Indonesia U-23 menang atas Korea Selatan U-23

Arkhan Fikri Jadi Sorotan Usai Indonesia U-23 ke Semifinal

Arkhan Fikri menjadi sorotan usai Indonesia U-23 mengalahkan Korea Selatan U-23 dalam pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024