Penyebab Terbaliknya Perahu Jemaah Haul Habib Versi Ahok

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti
VIVA.co.id
Usai Perahu Terbalik, Polri Tutup Paksa Wisata Waduk Kedung Ombo
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, perahu yang terbalik di Perairan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara kemarin, disebabkan jumlah penumpang yang melebihi kapasitas angkut.

Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedung Ombo Boyolali, 9 Hilang

"Dia memuat orang melebihi kapasitas," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Senin, 1 Agustus 2016.
Perahu Terguling, Tiga Pemuda Tewas di Sulawesi Selatan


Penyebab terbaliknya perahu, yang mengakibatkan seorang penumpang tenggelam dan tewas, diketahui Ahokn dari laporan Wali Kota Jakarta Utara Wahyu Haryadi.


Ahok mengatakan, Wahyu juga melaporkan penumpang bukan warga Pasar Ikan. Penumpang adalah pengunjung yang hendak menghadiri acara haul Al Habib Husein. Acara sedianya diselenggarakan di masjid keramat Luar Batang.


"Banyak orang wisata ke Luar Batang. Terus mereka main perahu katanya," ujar Ahok.


Perahu itu, merupakan milik seseorang  bernama Yanto. Saat terbalik, perahu ditumpangi 15 orang, belum ada tersangka dalam kejadian ini.


"Belum ada status tersangka, masih didalami, dan yang bersangkutan (pemilik rakit) juga masih syok kemarin sempat dirawat jalan," Ujar Kapolsek Metro Penjaringan Kompol Bismo Teguh.


Perahu tersebut biasanya diisi sekitar 10 orang. Namun kemarin, penumpang yang naik mencapai 15 orang. Sehingga kuat dugaan perahu miring dan terbalik.


"Kemarin itu ramai sekali karena memang lagi ada acara peringatan haul Habib di luar batang," kata Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Utara ditemui di ruangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya