Uji Coba Ganjil Genap, Petugas Jaga 9 Persimpangan

Apel aparat gabungan terkait uji coba sistem ganjil genap.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati
VIVA.co.id
Alasan Uji Coba Ganjil Genap di Kota Depok Belum Dimulai
- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar apel gabungan bersama Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Rabu, 27 Juli 2016. Pelaksanaan apel ini terkait penerapan sistem nomor kendaraan ganjil genap yang mulai diberlakukan hari ini. 

Ujicoba Perluasan Ganjil Genap, Anies Minta Warga DKI Maklum
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Syamsul Bahri mengatakan, uji coba sistem ganjil genap nomor kendaraan dilakukan dalam waktu satu bulan yakni sampai 26 Agustus 2016. Pihak kepolisian menyiapkan petugas di sembilan titik persimpangan, di antaranya di ruas Jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto.

Belum Ada Penilangan Dalam Ujicoba Perluasan Ganjil Genap di Jakarta
"Hari ini tidak ada penindakan. Hari ini hanya memberi informasi lanjutan sosialisasi," kata Syamsul di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Juli 2016.

Menurut dia, penerapan sistem ganjil genap dilakukan untuk mengurangi kemacetan di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Selain itu, aturan tersebut juga diberlakukan sambil menunggu kesiapan penerapan electronic road pricing (ERP). "Selama ini setelah dievaluasi penyebab kemacetan adalah three in one dicabut," ujarnya.

Polda Metro Jaya memprediksi sistem ganjil genap akan mengurangi kemacetan hingga 20 persen. "Kawasannya masyarakat harus mengerti untuk melancarkan lalu lintas. Kami sama-sama dengan Dishub (dinas perhubungan), kami coba sama-sama di lapangan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya