Bocoran Ciri-ciri Calon Gubernur DKI dari PDIP

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh Nadlir

VIVA.co.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengerucutkan 27 nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta menjadi enam nama. Pembahasan dalam rapat tertutup ini, telah menyaring nama yang dengan proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

PDIP Kaji Weton Primbon untuk Umumkan Cagub Pilkada Jakarta

Begitu rapat berlangsung, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tidak mengatakan keenam nama tersebut. Namun memberikan bocoran sedikit ciri-ciri enam nama itu.

"Ada ahli tata kota, ada juga di situ yang memang punya pengalaman di dalam jajaran birokrasi yang cukup lama, ada akademisi juga ya. Itu bocorannya (calon yang lolos)," katanya di DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Juli 2016.

PDIP Menanti Megawati Umumkan Nama Calon Gubernur DKI

Sebelumnya Hasto mengatakan ada lima target nama yang akan disaring. Namun berdasarkan aspek penilaian yang sampai kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, menjadi enam nama.

"Jadi dari 27 nama ini, tersaring menjadi enam nama seperti ini. Statusnya adalah dapat direkomendasikan itu fit and proper test DPP dan kemudian hasil assessment kepemimpinan ada yang direkomendasikan ada yang direkomendasi dengan area pengembangan," kata Hasto.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Meski demikian, masih ada hal untuk mempertimbangkan keenam nama ini, menjadi orang nomor satu di Jakarta, dalam pelaksanaannya dan kebijakan yang erat dengan pemerintah pusat.

"Karena itu, nanti Ibu Ketua Umum akan mendengarkan masukan dari Bapak Presiden terkait hal ini. Proses pilkada bukan hanya menyiapkan calon pemimpin tapi juga menyiapkan agenda-agenda ke depan," kata Hasto.

Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat

PDIP Tunggu Hari Keberuntungan Umumkan Cagub DKI

"Kita lihat jamnya, harinya, jam keberuntungan berapa."

img_title
VIVA.co.id
16 September 2016