Vaksinasi Ulang, Warga Padati Puskesmas Ciracas

Suasana vaksinasi ulang di Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur, Rabu, 20 Juli 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id – Pemerintah menyiapkan sejumlah fasilitas layanan kesehatan di Jakarta untuk melayani vaksinasi ulang para korban vaksin palsu. Pelaksanaan vaksinasi ulang itu antara lain dilakukan di Puskesmas di seluruh DKI Jakarta. 

Ribuan Botol Vaksin Dibuang di Tol Meruya

Di antaranya di Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Pantauan VIVA.co.id, Rabu, 20 Juli 2016, antrean para orangtua yang ingin memvaksinasi ulang anaknya mulai membeludak. Antrean tersebut terjadi di lantai satu gedung puskesmas itu.

Warga berbaris menunggu antrean di lorong menuju sebuah ruangan dokter anak. Suara tangis anak-anak terdengar meramaikan ruang tunggu puskesmas tersebut. Terlihat dua dokter anak telah disiapkan untuk melayani para pasien.

Vaksinasi Ulang Bisa di Seluruh Rumah Sakit

Salah satu orangtua korban vaksin palsu, Eko (35) berharap bisa ada penambahan dokter di puskesmas tersebut. Hal itu agar pelayanan vaksinasi ulang bisa lebih cepat. "Jadi pemerintah harus all out, kan dokter di Indonesia itu banyak," kata Eko, yang anaknya menjadi korban vaksin palsu di Klinik Bidan Elly, Ciracas, Rabu, 20 Juli 2016.

Menurut Eko, keadaan ini cukup menyita waktu. Sebab, antrean sudah mencapai puluhan orang. Dia yang datang sejak pukul 09.00 WIB, mendapat antrean nomor 35. "Kalau menyita waktu pasti ya. saya saja sampai izin perusahaan untuk nemenin istri," ujar Eko.

Ini Tahap untuk Mendapat Vaksin Ulang

Ia menyesalkan pemerintah bisa kecolongan dalam pengawasan vaksin palsu. "Sekarang vaksin ulang pun saya jadi enggak bisa percaya seratus persen. Tapi saya berharap ini juga asli karena kan dari pemerintah," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Nena (27). Dia menunggu lama lantaran mendapatkan nomor antrean 40. "Saya ke sini mau konfirmasi saja, apakah anak saya juga kena vaksin palsu," ujarnya.

Sebab, anaknya lahir di Rumah Sakit (RS) Harapan Bunda, Jakarta Timur dan mendapat vaksinasi di sana. "Saya sudah dua kali ke Harapan Bunda tapi cuma isi surat di posko crisis center sama posko yang satu lagi tapi belum ada info dari manajemen di sana," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan untuk vaksinasi ulang bagi korban vaksin palsu. Berikut ini tempat pelayanan vaksinasi ulang di Jakarta yang disiapkan pemerintah:

1. RS Polri Kramatjati

2. RS TNI/Polri

3. RSUD Pasar Rebo

4. Puskesmas Ciracas

5. Puskesmas Pasar Rebo

6. RS Umum Kecamatan Ciracas

7. Puskesmas yang ada di seluruh DKI Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya