Ahok Dukung Masa Pengenalan Sekolah Tanpa Perpeloncoan

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi konsep Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. MPLS dibuat untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru, yang dulu bernama Masa Orientasi Siswa (MOS). MPLS yang diterapkan Anies disebut mirip seperti di sekolah internasional.

5 Langkah Hemat Belanja Sekolah Anak

"Ini sudah bagus. Sekolah internasional tidak ada orientasi bersifat perpeloncoan. Paling pengenalan ruangan, ini ekstra kurikuler apa? Kamu maunya apa? Mau olahraganya apa? Biar orang tuanya mikir, anaknya cocoknya apa? Bermain piano,biola,basket atau bela diri?," ujar Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota Jakarta, Senin 18 Juli 2016.

Dengan adanya konsep baru itu, lanjut Ahok, diharapkan dapat menjadi pola pikir baru, bahwa pengenalan siswa baru tidak lagi akrab dengan perpeloncoan. Itu sebabnya dia mendukung program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan.

Menteri Anies: Di Sekolah Tidak Boleh Lagi Ada Plonco

"Nah, Pak Anies ini konsepnya bagus. Dia kan lulusan luar negeri kan, Pak Anies bisa lihat luar negeri bisa maju karena ada sistem yang benar, sedangkan kita masih ada sistem yang kurang tepat. Makanya Pak Anies ingin samakan bangsa kita dengan luar negeri," kata Ahok.

Hari ini merupakan tahun ajaran baru bagi siswa sekolah baik SD, SMP dan SMA. Tiga hari pertama, siswa baru akan menjalani MPLS, sebagai langkah awal untuk pengenalan lingkungan sekolah.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

(ren)

Ilustrasi Hari Pertama Masuk Sekolah

KPAI: Jangan Ada Plonco dan Bully di Hari Pertama Sekolah

Orangtua disarankan mengantar anak sampai ke kelas.

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2018